Jokowi Ke Ukraina Tak Pengaruhi Hubungan Baik Indonesia dan Rusia

Kamis, 30 Juni 2022 19:05 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Ke Ukraina Tak Pengaruhi Hubungan Baik Indonesia dan Rusia Jokowi tiba di Moskow. ©2022 Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Pengamat hubungan internasional dari Universitas Pelita Harapan, Yosef Djakababamenilai, hubungan Indonesia dan Rusia tak akan renggang setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung Ukraina bertemu Presiden Zelenskyy Volodymyr. Menurutnya, Jokowi hanya berniat membawa misi perdamaian dan ketahanan pangan global.

"Tidak akan renggang (hubunhan Indonesia-Rusia) Bapak Presiden Jokowi ke sana membawa misi kemanusiaan, perdamaian dan isu ketahanan pangan global," kata Yosef lewat pesan tertulis kepada merdeka.com, Kamis (30/6).

Dia menjelaskan, posisi Indonesia yang tahun ini yang memegang Presidensi G20, telah melakukan peran sebagai penengah konflik antara Rusia dan Ukraina. Bukan untuk mendukung salah satu negara itu.

"Tapi posisi Indonesia sebagai Pemegang Presidensi G20 meningkatkan bobot pengaruh Indonesia di dunia Internasional," ucap Dosen Hubungan Internasional Kajian Asia Tenggara asal Universitas Pelita Harapan itu.

Yosef meyakini, dengan latar belakang itu relasi Indonesia-Rusia akan tetap baik karena Presiden Jokowi menempatkan diri sebagai mediator yang strategis. Selain itu, Jokowi bisa lebih didengar oleh pihak-pihak yang berseteru, bukan mendukung salah satu pihak.

"Tapi tentu semua keputusan untuk terjadinya perdamaian disana tetap ada di tangan Presiden Putin dan Presiden Zelensky. Mereka harus mencapai kesepakatan untuk hal tersebut dan Indonesia dengan posisinya memegang Presidensi G20 tahun ini bisa aktif membantu memperlancar proses tersebut," jelasnya. [ded]

Baca juga:
Sambutan Hangat Pejabat Federasi Rusia Saat Jokowi Tiba di Moskow
Ma'ruf Amin Doakan Presiden Jokowi Berhasil Damaikan Rusia dan Ukraina
Presiden Jokowi Tiba di Moscow
Presiden Ukraina Puji Jokowi: Kewenangan Anda di Dunia Internasional Sangat Tinggi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini