Jokowi Kagum Kecanggihan SS2 V4 dan G2 Elite, Senapan Serbu Dipakai TNI

Jumat, 28 Juni 2019 05:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
Jokowi Kagum Kecanggihan SS2 V4 dan G2 Elite, Senapan Serbu Dipakai TNI TNI juara ASAAM 2019. ©2019 Pen Kostrad

Merdeka.com - Presiden Jokowi memamerkan senjata canggih senapan serbu SS2 V4 dan Pistol G2 Elite. Kedua senjata itu merupakan buatan Indonesia, PT Pindad. SS2 V4 dan G2 Elite juga digunakan pasukan TNI di berbagai lomba, seperti AASAM di Australia dan ASEAN.

"Selama 12 tahun terakhir, kontingen TNI Angkatan Darat tak pernah absen menjuarai lomba tembak bergengsi di berbagai kompetisi menembak seperti AASAM di Australia atau di ASEAN. Penembak-penembak Indonesia menggunakan senjata seperti senapan serbu SS2 V4 dan pistol G2 Elite," tulis Jokowi dalam akun Instagramnya.

Tahukah Anda, aneka senjata andalan itu adalah buatan dalam negeri Indonesia? Ya, senapan runduk, senapan mesin, pistol, sampai senjata berat mortir sudah lama diproduksi sendiri oleh PT Pindad, salah satu BUMN Industri Strategis Indonesia.

Bukan hanya senjata dan amunisi, Pindad juga membuat aneka kendaraan khusus seperti panser dan tank. Produk ini telah digunakan TNI untuk menjaga kedaulatan dan keamanan penjuru Nusantara, bahkan di beberapa misi perdamaian PBB di Lebanon, Sudan, Kongo hingga Afrika Tengah." kata Jokowi.

Lalu, seperti apa kecanggihan SS2 V4 dan G2 Elite yang digunakan TNI? Berikut penjelasannya:

1 dari 4 halaman

SS2 V4 Menggunakan Iron Sigths

Senapan SS2 V4 dilengkapi dengan iron sigths untuk membidik musuh. Senapan ini juga bisa menggunakan optical sights karena sudah dilengkapi picatinny rail. Optical sight fitur standar untuk varian ini.

Senapan SS2 memiliki hentakan yang kecil saat penembakan berkat adanya karet buffer di bagian belakang. Penutup bentuk bulat dengan bentuk gigi untuk penguncian dalam penyambung laras. Ekoran maupun rumah mekanik terbuat dari alumunium panduan. Keduanya disambung dengan dua buah pena yang dapat dibuka untuk pembongkaran dan pemeliharaan.

2 dari 4 halaman

Mampu Menembak 15 Peluru dan Single Shoot

G2 Elite merupakan kelompok senjata genggaman yang memiliki kaliber peluru 9 mm. Pistol ini mampu menembakkan peluru 15 kali dengan sistem single shoot, semi auto. Panjang pistol ini sebesar 221 mm dan tinggi 139 mm, dengan jarak tembak efektif 25 m.

Pistol G2 terbagi dua, Combat dan Elite. Untuk G2 Combat, memiliki panjang laras 221 mm, sedangkan Elite memiliki panjang laras 246 mm.

3 dari 4 halaman

Jarak Tembak SS2 V4 Capai 600 Meter

Jika SS2 V2 memiliki jarak tembak maksimal 400 sampai 500 meter, maka SS2 V4 memiliki jarak tembak mencapai 600 meter. Senjata buatan Pindad ini juga menggunakan peluru kaliber 5,56 mm ini juga dilengkapi dengan teleskop yang mampu membidik lebih akurat.

4 dari 4 halaman

Hentakan Senjata Lebih Halus

Pistol G2 Elite dirancang dengan menggunakan single action. Jadi saat pistol ditembakkan, hentakan akibat letusak peluru terasa lebih halus. G2 juga memiliki jarak tembak 20 sampai 40 meter.

Selain itu, pengunci pelatuk pistol G2 memiliki dua sisi. Jadi bisa digunakan untuk penembak bertangan kidal.

[has]
Topik berita Terkait:
  1. TNI
  2. Jokowi
  3. TNI AD
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini