Jokowi: Jadikan Hari Anak Nasional Memperkenalkan Pancasila Sedini Mungkin

Jumat, 20 November 2020 13:28 Reporter : Merdeka
Jokowi: Jadikan Hari Anak Nasional Memperkenalkan Pancasila Sedini Mungkin Jokowi Tinjau Puskesmas Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat. ©2020 Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan, peringatan Hari Anak Nasional adalah momentum pengenalan ideologi Pancasila sejak dini. Salah satu caranya, adalah dengan dunia bermain anak.

"Kita jadikan momentum Hari Anak Nasional untuk memperkenalkan kekayaan budaya bangsa, memperkenalkan pancasila sedini mungkin, melalui dunia anak, dunia bermain," ujar Jokowi, saat agenda 30 tahun Indonesia Meratifikasi Konvensi Hak Anak dan Peringatan Hak Anak Internasional yang disiarkan daring pada channel YouTUbe Kemen PPPA, Jumat (20/11).

Menurut Jokowi, ditanamkannya ideologi Pancasila terhadap anak dapat memicu akhlak mulia di masa depan. Dia percaya, nilai Pancasila yang mengajarkan untuk memahami dan menghargai perbedaan, dapat semakin mempererat persatuan dan kesatuan.

"Ideologi bangsa ditanamkan pada anak-anak kita sedini mungkin. Anak-anak kita harus (menjadi) berakhlak baik, memiliki sopan santun dan mau menghargai pendapat orang lain," yakin Jokowi.

Jokowi berharap, nilai Pancasila pada anak bisa tertanam dalam pikiran dan hati. Dengan demikian, hal tersebut dapat melahirkan generasi pewaris bangsa yang melahirkan jati diri Indonesia.

"Penanaman nilai Pancasila sejak dini kepada pewaris negeri ini akan melahirkan generasi penerus yang memiliki kepedulian, empati, yang menghormati keragaman bangsa sebagai jati diri bangsa dan melahirkan anak muda yang mencintai Indonesia dengan sepenuh hati," Jokowi menandasi.

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini