Jokowi Ingin Semakin Banyak Elang Jawa Dilepasliarkan di Merapi

Jumat, 14 Februari 2020 12:21 Reporter : Merdeka
Jokowi Ingin Semakin Banyak Elang Jawa Dilepasliarkan di Merapi Presiden Jokowi lepas elang jawa di Merapi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Taman Nasional Gunung Merapi Jurang Jero, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (14/2). Dalam kesempatan itu, Jokowi juga melepas liarkan sepasang elang Jawa.

Berdasarkan pantauan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu tiba di lokasi sekitar pukul 08.53 WIB. Jokowi bersama Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Kepala BNPB Doni Monardo terlebih dahulu meninjau kebun bibit.

Di sana, Jokowi sempat menjelaskan sejumlah bibit buah-buahan dan tanaman yang cocok untuk menunjang perekonomian masyarakat. Misalnya, bibit durian, bibit jengkol, hingga jambu kristal.

Kemudian, barulah Jokowi melepas sepasang elang Jawa yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Sepasang elang itu berusia tiga tahun yang diberi nama Abu dan Rossy.

"Elangnya kan udah dilepas. Sudah lihat semua kan. Elangnya tadi dilepas sepasang, jelas," ucap Jokowi di lokasi.

1 dari 1 halaman

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin ke depannya semakin banyak elang yang dilepasliarkan. Dengan begitu, mereka bisa kembali ke habitatnya.

"Jadi kalau kita ada lagi elang lagi kita lepas lagi. Yang dilepas pun bukan elangnya saja, tapi juga burung-burung kecil yang dipakai untuk makanan elang," kata dia.

Selain itu, Jokowi turut melakukan penanaman pohon Pulai Alstonia scholaris bersama masyarakat setempat. Menurut dia, hal itu bagian untuk menjaga ekosistem di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi

"Saya kira memang kita ingin mulai hal-hal yang berkaitan dengan ekosistem satwa flora fauna," ujar Jokowi.

Reporter: Lizsa Egeham (Liputan6.com) [ray]

Baca juga:
Ke Yogyakarta, Presiden Jokowi akan Kunjungi Taman Nasional Gunung Merapi
WNI yang Diobservasi di Natuna Pulang Besok, Jokowi Minta Warga Tak Takut
PKS Sebut Harga BBM Tak Sama Rata Sesuai Klaim Presiden Jokowi
Jokowi Tunjuk Setiawan Wangsaatmaja Jadi Sekda Jabar
WNI eks ISIS Bisa Kehilangan Kewarganegaraan Jika Jokowi Terbitkan Keppres
Eks Petinggi GAM Temui Jokowi, Bahas Isi MoU Helsinki

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini