Jokowi Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Modern

Jumat, 14 Juni 2019 10:18 Reporter : Merdeka
Jokowi Ingin Pasar Sukawati Jadi Pasar Modern Jokowi Tinjau Pasar Sukawati Bali. ©2019 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut revitalisasi Pasar Sukawati di Gianyar Bali memakan biaya hingga Rp92,9 miliar yang bersumber dari Rp89 miliar APBN dan Rp3,9 miliar APBD. Untuk itu, dia ingin pasar tersebut menjadi pasar rakyat yang modern, tertata, dan memiliki fasilitas yang baik.

"Ini harus menjadi sebuah pasar rakyat yang modern, yang tertata, manajemen baik. Parkirnya juga di basement bisa 150-an mobil. Kalau dulu kan cari tempat parkir sangat sulit," kata Jokowi usai meninjau revitalisasi Partai Sukawati Gianyar Bali, Jumat (14/6).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap setelah direvitalisasi, Pasar Sukawati dapat menjadi pasar yang bersih sehingga pembeli nyaman berbelanja. Menurutnya, Pasar Sukawati merupakan pasar yang sudah berumur sekitar 30 tahun, sangat terkenal, dan telah menghidupi 1.700 pedagang.

"Kalau ke Bali belum ke Sukawati, itu belum ke Bali. Harus belanja, datang ke sini harus belanja," ucapnya.

Jokowi memastikan di periode pemerintahannya lima tahun ke depan, dirinya akan tetap melakukan program revitalisasi pasar. Dia ingin pasar-pasar tradisional di Indonesia terus hidup.

"Kurang lebih sama seperti targetnya lima tahun lalu. Kita kan udah 5.000 lebih pasar yang telah kita bangun, pasar yang gede. Pasar desa 8.900 pasar. Ke depan sama kita akan tetap pasar sebagai sebuah bertemunya penjual dan pembeli, produk-produk dari petani, dari nelayan, dari pengrajin," jelas dia.

Sebelumnya, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana meninjau lokasi revitalisasi Pasar Sukawati Blok A, B, dan C. Dia juga ditemani Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, Kepala Sekretariat Presiden Heru Buri Hartono, dan Gubernur Bali I Wayan Koster.

Usai mendapat penjelasan dari Bupati Gianyar I Made Mahayastra, Jokowi lalu berkeliling Pasar Sukawati untuk melihat apa saja yang dijual. Sontak kedatangan Jokowi tersebut membuat heboh para penjual dan pembeli di Pasar tersebut.

Jokowi dan Iriana lalu mampir ke tempat penjual buah-buahan. Setelah memilih-milih, dia akhirnya membeli salak dan semangka. Total belanjaan Jokowi Rp 30ribu.

Reporter: Lisza Egeham
Sumber: Liputan6.com [fik]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini