Jokowi Ingin Fokus Bangun SDM Besar-besaran Mulai Tahun 2020

Kamis, 3 Oktober 2019 15:25 Reporter : Supriatin
Jokowi Ingin Fokus Bangun SDM Besar-besaran Mulai Tahun 2020 jokowi pimpin rapat kabinet paripurna di istana. ©2018 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana melakukan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) secara besar-besaran di periode kepemimpinan kedua. Program pembangunan ini masuk kategori prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Ini disampaikan Jokowi dalam sidang kabinet paripurna tentang Evaluasi Pelaksanaan RPJMN 2014-2019 dan Persiapan Implementasi APBN Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10).

"Untuk persiapan implementasi APBN tahun depan 2020 ini ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian kita bersama. 2020 Program tahun pertama pada periode pembangunan RPJMN 2020-2024 yang kita fokuskan kepada pembangunan SDM secara besar-besaran tanpa meninggalkan pembangunan infrastruktur yang telah kita mulai 5 tahun yang lalu," kata Jokowi.

Guna mendukung pembangunan SDM, Jokowi meminta menteri Kabinet Kerja mereformasi pemerataan kualitas pendidikan. Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah, ini juga ingin program latihan kewirausahaan yang dimiliki masing-masing kementerian dan lembaga bisa terus disinergikan.

Sidang kabinet paripurna dimulai pukul 13.45 WIB. Ini merupakan sidang kabinet terakhir di periode kepemimpinan Jokowi-Jusuf Kalla.

Menteri Kabinet Kerja yang hadir adalah Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Perekonomian sekaligus Plt Menko PMK Darmin Nasution, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Selain itu, ada Menteri Pariwisata Arief Yahya, Mendagri sekaligus Plt Menkumham Tjahjo Kumolo, Menteri Ketenagakerjaan sekaligus Plt Menpora Hanif Dhakiri, Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita, Menristekdikti M Nasir, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kemudian Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Menlu Retno Marsudi, Menteri PPA Yohana Yambise, Menteri Perindustrian Airlangga Hhartarto, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkominfo Rudiantara dan Menteri BUMN Rini Soemarno. [ray]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini