Jokowi Ingatkan Pentingnya Keamanan Ekspor Pangan Ukraina

Kamis, 30 Juni 2022 11:53 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jokowi Ingatkan Pentingnya Keamanan Ekspor Pangan Ukraina Pertemuan Jokowi dengan Presiden Ukraina di Istana Maryinsky. ©2022 Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, bahwa negara Ukraina penting bagi rantai pasok pangan dunia. Kepala negara ingin Ukraina bisa kembali ekspor bahan pangan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina pada Rabu (29/6).

"Saya sampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Semua usaha harus dilakukan agar Ukraina dapat kembali melakukan ekspor bahan-pangan," kata kata Jokowi dilihat di youtube sekretariat presiden, Kamis (30/6).

Jokowi mengatakan, penting bagi semua pihak menjamin keamanan Ukraina untuk kelancaran ekspor pangannya. Jokowi mendukung upaya Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk kelancaran hal itu.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," kata Jokowi.

Dia menambahkan, hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina sudah terjalin 30 tahun. Jokowi terus berkomitmen untuk memperkuat kerja sama.

"On bilateral noted, tahun ini adalah 30 tahun Hubungan diplomatik Indonesia dan Ukraina. Saya menyampaikan komitmen Indonesia terus memperkuat kerjasama dengan Ukraina," pungkasnya. [fik]

Baca juga:
Momen Bule Gondrong Jaga Ketat Presiden Jokowi di Bandara Polandia
Bertemu Zelenskyy, Jokowi Tawarkan Diri Jadi Pembawa Pesan untuk Putin
Ini yang Dipersiapkan Menlu Retno Jelang Jokowi Bertemu Presiden Zelenskiy
Jokowi Susuri Bangunan Hancur di Ukraina, Harap Tak Ada Lagi Kota Rusak Akibat Perang
Ma'ruf Amin: Kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina Bersejarah Bagi Indonesia
Jokowi Blusukan Lihat Gedung Porak-poranda di Ukraina Akibat Perang
Bima Arya Nilai Gaya Komunikasi Jokowi Jaga Kondusifitas Jelang 2024

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini