Jokowi: Indonesia di Ranking 35 Negara Rawan Bencana

Rabu, 3 Maret 2021 14:38 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Indonesia di Ranking 35 Negara Rawan Bencana Gempa Sulawesi Barat. ©2021 Merdeka.com/Ahmad Udin

Merdeka.com - Indonesia berada di ranking ke-35 negara rawan bencana. Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan arahan Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/3).

"Saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa negara kita Indonesia negara yang rawan terhadap bencana, masuk 35 paling rawa risiko bencana di dunia," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan, Indonesia memiliki ranking tertinggi rawan bencana karena memiliki jumlah penduduk yang besar. Sehingga risiko jumlah korban jiwa semakin besar.

"Kita sekali lagi menduduki ranking tertinggi bencana, karena jumlah penduduk kita besar, sehingga risiko jumlah korban yang terjadi apabila ada bencana juga besar," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala BNPB Doni Monardo membeberkan dari awal Februari 2020 hingga akhir Februari 2021 BNPB mencatat ada 3.253 kali kejadian bencana di Indonesia. Hal tersebut kata Doni diperkirakan lebih dari 9 kali terjadi bencana, mulai dari gempa Tsunami, erupsi gunung berapi, karhutla, banjir, banjir bandang, tanah longsor hingga angin puting beliung. Sebab itu Jokowi menilai hal tersebut bukanlah cobaan yang kecil, tetapi perlu dihadapi.

"Bukan sebuah angka yang kecil, tapi cobaan ujian dan tantangan itu yang harus kita hadapi. Baik bencana hidrometeorologi maupun bencana geologi," katanya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini