Jokowi hentikan sementara pembangunan pabrik semen di Kendeng

Selasa, 2 Agustus 2016 18:45 Reporter : Supriatin
Jokowi hentikan sementara pembangunan pabrik semen di Kendeng petani demo tolak pabrik semen. ©2016 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi memutuskan pembangunan pabrik semen di kaki Gunung Kendeng, Rembang, Jawa Timur dihentikan sementara. Ini sesuai permintaan Petani Kendeng atau yang dikenal dengan sebutan Kartini Kendeng saat menemui Presiden di Istana Negara, Selasa (2/8).

"Berdasar UU 32 Tahun 2009 tentang perda tata ruang, diwajibkan melakukan kajian lingkungan hidup strategis. Jadi ini belum dilakukan, semua jadi sepakat untuk dihentikan, karena over produksi juga akan merusak lingkungan dan konflik berkepanjangan soal semen ini membuat keresahan masyarakat," ujar Gunretno, perwakilan 'Kartini Kendeng' usai bertemu Presiden.

Menurut Gunretno, penghentian sementara pembangunan pabrik semen sesuai dengan program Presiden Jokowi terkait kedaulatan pangan. Kedaulatan pangan tidak akan tercapai tanpa lahan pertanian yang cukup.

"Sementara pabrik semen mengancam penciutan lahan tersebut. Jadi sepakat untuk dihentikan dulu, kita kaji bersama dengan beberapa Kementerian ESDM dan Lingkungan Hidup," jelasnya.

Presiden, kata Gunretno, mengajak pemilik pabrik semen berdialog langsung dengan masyarakat Kendeng. Pemerintah Daerah juga akan dihadirkan dalam dialog itu.

"Intinya kita sepakat untuk dilakukan kajian lingkungan hidup strategis dan ini akan jadi rujukan untuk penyelesaian kawasan Kendeng, baik untuk Pemda, masyarakat atau untuk pemerintah pusat. Warga siap diajak rembukan karena selama ini memang enggak pernah diajak rembukan," tuntasnya. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini