Jokowi harap desain busana muslim punya ciri khas Indonesia

Kamis, 19 April 2018 12:19 Reporter : Supriatin
Jokowi harap desain busana muslim punya ciri khas Indonesia Joko Widodo. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pameran Muslim Fashion Festival (Mufest) Indonesia Tahun 2018 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Kamis (19/4). Saat memberikan sambutan, Jokowi berpesan agar desain busana muslim bisa memadukan ciri khas keindonesiaan yang tradisional dengan modern.

"Supaya busana muslim Indonesia ada ciri khas keindonesiaannya. Sama seperti gaya busana muslim di Saudi, Emirat, Turki. Dan kita juga harus kembangkan busana muslim khas Indonesia," kata dia.

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengingatkan gaya berbusana muslim harus bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Namun, harus tetap memperhatikan nilai-nilai keagamaan dan budaya Indonesia.

"Tidak melupakan norma-norma kita, jangan sampai kita lepas dari nilai-nilai keagamaan-keagamaan kita, akar budaya dan tradisi yang kita punya," ujar dia.

Jokowi menginginkan dunia fashion muslim bisa bersinergi dengan sektor lain seperti olahraga. Dengan begitu, produk-produk busana muslim bisa digunakan oleh para atlet saat berkompetisi di dunia olahraga.

"Supaya atlet punya prestasi di olahraga dan bisa mencerminkan unsur busana muslim," ucapnya.

Pantauan merdeka.com, Jokowi tiba pada pukul 11.04 WIB. Dia mengenakan baju batik cokelat lengan panjang. Dengan bawahan sarung polos warna biru.

Kepala Negara didampingi Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki. [ded]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini