Jokowi: Eijkman Sudah Punya 7 Urutan Genom untuk Pengembangan Vaksin Covid-19

Rabu, 20 Mei 2020 12:18 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi: Eijkman Sudah Punya 7 Urutan Genom untuk Pengembangan Vaksin Covid-19 Jokowi. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap para peneliti mampu menghasilkan vaksin sendiri untuk memerangi pandemi Covid-19. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun menjelaskan saat ini Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman berhasil mendapatkan 7 urutan whole genome sequence (WGS) alias genom virus.

"Saya gembira lembaga Eijkman sudah mendapatkan data mengenai 7 urutan genome, genome lengkap virus," kata Jokowi dalam Peresmian Peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 melalui siaran telekoference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (20/5).

Dia menjelaskan nantinya 7 urutan genome tersebut berguna untuk mengembangkan vaksin. Tidak hanya Eijkman, Jokowi juga mengatakan para peneliti saat ini terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif untuk mengobati pasien Covid-19.

"Komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif bagi pengobatan Covid," jelas Jokowi.

Sebelumnya diketahui Eijkman mengumumkan telah berhasil mengurutkan sekuens keseluruhan genom virus corona SARS-CoV-2 dalam 3 set. Hal tersebut disampaikan Eijkman lewat akun instagram mereka. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini