Jokowi Dorong Petani Sawit Swadaya Produksi Minyak Goreng Agar Tak Langka

Rabu, 23 Maret 2022 20:08 Reporter : Merdeka
Jokowi Dorong Petani Sawit Swadaya Produksi Minyak Goreng Agar Tak Langka Jokowi Bertemu Petani Sawit Swadaya. Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong koperasi-koperasi petani sawit swadaya memproduksi minyak goreng agar tidak langka. Sehingga, minyak goreng bisa diakses secara murah dan mudah oleh masyarakat luas.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menerima kedatangan sejumlah petani sawit swadaya di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (23/3).

Dalam kesempatan ini, perwakilan petani bernama Rukaiyah Rafik menyampaikan bahwa 45 persen dari total produksi minyak sawit di Indonesia berasal dari petani swadaya.

"Kami berterima kasih kepada Bapak Presiden atas sambutan hangatnya dan juga beberapa arahan-arahan dari Bapak," kata Rukaiyah dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden.

"Nanti Bapak menyampaikan akan mencoba juga untuk berdiskusi dengan koperasi-koperasi di mana nanti akan kita bikin satu model untuk petani bisa memproduksi minyak goreng," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Pertemuan Bahas Inovasi Dikembangkan Petani Swadaya

Dalam pertemuan tersebut, para petani menyampaikan persoalan petani sawit kepada Jokowi. Mereka juga membahas beberapa inovasi-inovasi yang telah dikembangkan oleh petani swadaya.

"Alhamdulillah sambutan beliau cukup baik dan responsnya cukup baik terutama yang terkait dengan bagaimana nanti pendanaan BPDPKS (Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit) itu bisa dikontribusikan kepada petani swadaya secara maksimal," ujar Rukaiyah.

Terkait BPDPKS, para petani sawit swadaya mengusulkan agar ada perwakilan petani swadaya yang duduk di dalam struktur BPDPKS. Dengan begitu, diharapkan kepentingan para petani swadaya dari seluruh Indonesia dapat terlayani.

Sementara itu, terkait dengan program biodiesel, para petani sawit swadaya mengusulkan agar perusahaan-perusahaan biodiesel bisa menjalin kemitraan dengan para petani swadaya melalui kerja sama secara langsung. Menurut Rukaiyah, hal tersebut cukup membahagiakan bagi para petani swadaya di seluruh Tanah Air.

"Ini cukup, menurut kami cukup membahagiakan karena kami sendiri di sini adalah perwakilan dari petani swadaya seluruh Indonesia. Jika ini terjadi maka kami yakin bahwa petani swadaya akan lebih sejahtera dan mandiri di masa depan," jelas dia.

Reporter: Lizsa Egeham/Liputan6.com [gil]

Baca juga:
Jokowi ke NTT Tinjau Program Penurunan Stunting, 2.410 Personel Gabungan Disiagakan
Presiden Jokowi: Pejabat Dilarang Open House dan Buka Bersama
Jokowi: Tahun 2022 Ketidakpastian Global Semakin Meningkat, Pandemi Belum Usai
Mengenal Anwar Usman, Hakim Konstitusi Taklukan Hati Idayati Adik Jokowi
Besok Rabu Pon, Gerindra Yakin Jokowi Baca Dinamika Masyarakat Sebelum Reshuffle
Jokowi Hapus Aturan Karantina, Pelaku Perjalanan Luar Negeri Tetap Diwajibkan Tes PCR

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini