Jokowi Digugat soal Pemblokiran Internet di Papua karena Kritik Tak Pernah Direspons

Kamis, 4 Juni 2020 16:27 Reporter : Bachtiarudin Alam
Jokowi Digugat soal Pemblokiran Internet di Papua karena Kritik Tak Pernah Direspons Jokowi di Papua. ©2019 BPMI Setpres

Merdeka.com - Pembela Kebebasan Berekspresi Asia Tenggara (SAFEnet) mengungkapkan alasan menggugat Presiden dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) ke Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta terkait pemblokiran internet di Papua. Langkah itu ditempuh SAFEnet setelah aksi-aksi kritik sebelumnya tak mendapat respons baik pihak pemerintah.

Kepala Divisi Kebebasan Berekspresi SAFEnet, Ika Ningtyas menyebut sebelum melayangkan gugatan, tercatat pihaknya telah dua kali mencoba untuk memberikan masukan kepada pemerintah melalui petisi online maupun bertemu langsung perihal pemblokiran internet di Papua.

"Semisal kita sudah melakukan petisi online untuk meminta kepada pemerintah dalam hal ini Kominfo untuk membuka internet yang ada di Papua. Bahkan beberapa pengurus SAFEnet sudah bertemu langsung, bersama pemerintah untuk menjelaskan bagaimana aspek dan dampak dari pemblokiran internet yang terjadi di Papua," kata Ika saat konferensi pers secara daring di akun Youtube Yayasan LBH Indonesia, Kamis (4/6).

"Tetapi karena dua upaya yang dilakukan SAFEnet kemudian tidak menghasilkan hasil yang bagus. Ternyata pemerintah tetap melanjutkan untuk pemblokiran yang dilakukan di Papua. Maka SAFEnet memilih untuk menempuh jalur hukum bersama AJI (Aliansi Jurnalis Independen) pada November 2019," sambungnya.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan pemerintah untuk memblokir akses internet di Papua haruslah diuji, apakah telah sesuai dengan prosedur yang benar. Termasuk dampak sebenarnya yang terjadi ketika pemblokiran ini diambil.

"Mangkanya ini menjadi pilihan terakhir yang diambil sebagai upaya terakhir dari SAFEnet, karena dua usaha sebelumnya tidak mendapatkan respon yang bagus dari pemerintah," ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Pemblokiran Internet Jadi Alat Pemerintah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini