Jokowi di HUT Bhayangkara: Untuk rakyat jangan berbelit harus empati

Rabu, 1 Juli 2015 13:30 Reporter : Muhammad Sholeh
Jokowi di HUT Bhayangkara: Untuk rakyat jangan berbelit harus empati Jokowi hadiri peringatan Hari Bhayangkara ke-69. ©Setpres RI/Cahyo

Merdeka.com - Presiden Joko widodo menyampaikan sejumlah pesan kepada Korps Bhayangkara di hari ulang tahunnya ke-69. Menurut Jokowi, sapaan dia, tugas dan tantangan kepolisian ke depannya semakin kompleks.

"Ke depan Polri semakin dihadapkan dengan tantangan tugas yang kompleks," kata Jokowi di Mako Brimob, Depok, Jakarta, Selasa (1/7).

Itu sebabnya, kata Jokowi, semua harus kerja keras untuk menjaga keamanan dalam negeri yang diwarnai berbagai kejahatan konvensional termasuk nasional. Tak hanya itu, sekarang ini tuntutan masyarakat kepada Polri juga semakin meningkat.

Ditambahkan Jokowi, Kepolisian harus dapat meningkatkan bidang kamtibnas, penegakan hukum, dan memberikan pengayoman kepada masyarakat. Menurut Jokowi, dalam memberantas kejahatan, kepolisian tentunya harus dapat bertindak tegas, profesional dan mengedepankan rasa keadilan kepada masyarakat.

"Teknologi juga digunakan untuk kejahatan. Polri harus memenuhi keadilan masyarakat terutama terhadap kelompok marjinal. Saya juga minta pemberantas terhadap makelar kasus. Berikan perlindungan pelayanan pada masyarakat lakukan dengan mudah tidak berbelit-belit dan dengan empati," jelas Jokowi.

"Berikan perlindungan yang memadai kepada kelompok disabilitas dan kelompok minoritas termasuk kepada anak-anak dan perempuan. Tingkatkan semua pelayanan yang masih panjang birokrasinya hendaknya diteliti dan dipangkas, manfaatkan sistem online untuk menghapus percaloan," tutupnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini