Jokowi Borong Sapi Boyolali untuk Idul Adha Tahun Ini dan Tahun Depan

Rabu, 7 Agustus 2019 04:35 Reporter : Arie Sunaryo
Jokowi Borong Sapi Boyolali untuk Idul Adha Tahun Ini dan Tahun Depan Jokowi borong sapi Boyolali. ©2019 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menjelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli dua ekor sapi kurban jenis Simmental dari peternak di Boyolali, Jawa Tengah. Bahkan mantan Wali Kota Solo itu juga memesan dua sapi sejenis untuk Idul Adha tahun depan.

Kedua sapi yang akan digunakan untuk hewan kurban tersebut dibeli dengan seharga Rp171 juta dari Andi Saputro, peternak asal Dukuh Pilangsari RT06/RW01, Desa Potronayan, Kecamatan Nogosari. Kedua sapi tersebut akan dikirim ke Solo, Sabtu mendatang.

"Yang satu untuk kurban di Masjid Agung Surakarta, beratnya 1,4 ton dengan harga Rp100 juta. Satunya akan dibawa ke Masjid Al-Wustho, Mangkunegaran, beratnya 1,1 ton, harganya Rp71 juta," ujar Andi Saputro, Selasa (6/8).

Andi yang juga pemilik peternakan sapi Lembu Suro 05 itu mengaku, baru sekali ini presiden membeli sapi-sapi miliknya. Jokowi, dikatakannya, mengutus ajudan Jokowi dari Jakarta untuk membeli dua ekor sapi merah tersebut untuk hewan kurban.

"Sekitar sebulan lalu ada ajudan yang diutus pak Jokowi membeli dua ekor sapi milik saya," katanya.

Sebelum sapi tersebut dibeli, dia mengaku sudah didatangi petugas Dinas Kesehatan Kota Solo dan anggota MUI (Majelis Ulama Indonesia) Solo untuk mengecek kondisi sapi. Hasilnya, kedua ekor sapi miliknya dinyatakan layak sebagai hewan kurban.

Andi merasa bangga dan senang dua ekor sapi miliknya dibeli orang nomor satu Indonesia. Idul Adha tahun ini ia memiliki 10 ekor sapi yang juga laku dijual di sejumlah masjid untuk hewan kurban. Dia masih akan merawat kedua sapi ini sampai H-1 Idul Adha, setelah itu baru dikirim ke Solo.

"Pak Jokowi juga memesan dua ekor sapi jenis Simmental untuk hewan kurban Idul Adha tahun 2020," ucap dia. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini