Jokowi Bicara Revolusi Industri 4.0: Mahasiswa Jangan Dipagari Program Studi

Rabu, 13 Oktober 2021 12:03 Reporter : Merdeka
Jokowi Bicara Revolusi Industri 4.0: Mahasiswa Jangan Dipagari Program Studi Presiden Jokowi. ©2017 Biro Pers Istana

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo berbicara soal revolusi industri 4.0 dan disrupsi teknologi. Menurut dia, kemajuan zaman saat ini turut dipercepat akibat pandemi Covid-19 yang melanda dunia.

Jokowi berharap, insan cendekia bangsa dapat semakin arif saat mengembangkan teknologi dan aktif mengakuisisi teknologi. Utamanya teknologi digital dan data yang menjadi sumber daya berharga dan harus dijaga.

"Namanya SDM harus betul menjadi konsen kita, pendidikan tinggi kita harus memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan talentanya. Jangan dipagari program studi di fakultas yang membelenggu," kata Jokowi kepada peserta Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIII dan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXII Tahun 2021 Lemhannas RI, Istana Negara Jakarta, Rabu (13/10).

Jokowi mengamini, dunia saat ini berubah dengan sangat cepat sekali. Dampaknya adalah menimbulkan ketidakpastian yang tinggi.

Dia juga mengingatkan agar prinsip kehati-hatian bisa diterapkan. Sebab, banyak sekali negara alami perubahan dan berefek ke negara lain terkena imbas.

"Ketidakpastian dunia sekarang ini sangat tinggi, semua nanti akan hybrid, hybrid knowledge, skill, semua akan ke sana. Sehingga mahasiswa harus paham semua, matematik, statistik, bahasa, ilmu komputer, bahasa. Bukan bahasa Inggris tapi bahasa coding ini lebih penting ke depan," Jokowi memungkasi.

Reporter: M Radityo [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini