Jokowi Bertemu Presiden Moon Jae-In hingga CEO Korea Selatan Hari Ini

Senin, 25 November 2019 07:36 Reporter : Merdeka
Jokowi Bertemu Presiden Moon Jae-In hingga CEO Korea Selatan Hari Ini jokowi tiba di Busan. ©2019 Merdeka.com/biro pers

Merdeka.com - Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Busan Korea Selatan bukan hanya untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tingkat (KTT) ASEAN-RoK ke-30, namun juga akan bertemu dengan 10 CEO pengusaha kelas kakap asal negeri ginseng itu. Pertemuan akan digelar di Hotel Lotte Busan, Senin (25/11).

"Presiden akan melakukan working lunch dengan beberapa CEO terpilih dari Korea Selatan," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Hotel Lotte Busan Korea Selatan, Minggu (24/11).

Menurut dia, ASEAN adalah mitra kedua terbesar bagi Korea Selatan dalam hal perdagangan. Tak hanya itu, Korea Selatan juga menunjukkan perhatian khusus terhadap ASEAN terkait perdagangan dan investasi.

"Investasi itu antara ASEAN dan RoK, mereka investasi RoK di ASEAN itu nomor tiga. Jadi dari situlah kelihatan kemajuan hubungan antara RoK dengan ASEAN paling tidak dilihat dari dua hal itu," jelasnya.

Jokowi akan menghadiri KTT ASEAN-Korea Selatan pada 25 dan 26 November 2019. Sebelum menghadiri KTT, mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan terlebih dahulu bertemu dengan para ilmuwan dan peneliti Indonesia di Busan.

"Kemudian yang kedua bapak presiden akan melakukan peninjauan pameran inovasi pelayanan publik, di mana Indonesia berpartisipasi di dalam pameran tersebut," ucap Retno.

Dalam pameran itu, Indonesia menampilkan SP4N Lapor, yaitu Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional dan stan e-cipta. Setelah itu, Jokowi menghadiri KTT ASEAN-RoK CEO Summit.

"Di mana bapak presiden akan menjadi salah satu pembicara atau keynote speakers untuk sesi yang pertama," ujar Retno.

1 dari 1 halaman

Working Lunch dan Teken Kesepakatan

Kemudian, Jokowi dijadwalkan melakukan working lunch dengan 10 CEO perusahaan terpilih asal Korea Selatan. Acara dilanjutkan dengan pertemuan bilateral dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-In, diikuti dengan penandatanganan tiga kesepakatan.

Adapun tiga kesepakatan yang bakal diteken kedua negara antara lain, mengenai selesainya negosiasi kemitraan ekonomi Indonesia-Korea, bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas, serta tentang technical operation on capital city relocation and development.

"Acara Bapak Presiden yang disertai Ibu Negara malam harinya yaitu welcoming dinner untuk acara KTT itu sendiri," tutur Retno. [bal]

Baca juga:
Momen Jokowi Dan Iriana Bergaya Love Sign ala Korea
Jokowi Puji Gamcheon Village: Desa Kita Mampu Bangun Seperti Ini, Tak Sulit
Jokowi-Iriana Nikmati Akhir Pekan Ngopi Bareng di Gamcheon Village Korsel
Presiden Jokowi Pamer Penerbitan Sertifikat Tanah Sudah Capai 8,5 Juta
Tiba di Busan, Jokowi Akan Gelar Pertemuan Bilateral dengan Moon Jae-In

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini