Jokowi Bersama Jan Ethes Naik Andong dari Malioboro ke Gedung Agung

Jumat, 7 Juni 2019 07:03 Reporter : Purnomo Edi
Jokowi Bersama Jan Ethes Naik Andong dari Malioboro ke Gedung Agung Jokowi dan Ethes naik andong. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Jokowi berkunjung ke Yogyakarta, Kamis (6/6). Dalam kunjungannya ini, Jokowi sempat menghabiskan waktu untuk mengajak cucu pertamanya, Jan Ethes bermain di Mall Malioboro.

Bermain di Mall Malioboro, Jan Ethes sempat bermain beberapa permainan di sebuah wahana permainan. Sebelumnya, Jan Ethes sempat dibelikan tiga buah mobil-mobilan oleh Jokowi di sebuah toko mainan.

Jokowi dan Jan Ethes bermain di Mall Malioboro selama lebih kurang 30 menit. Setelahnya Jokowi pun mengajak Jan Ethes untuk pulang ke Gedung Agung.

Pulang dari Mall Malioboro, Jokowi memilih mengajak Jan Ethes untuk menggunakan andong dibandingkan dengan mobil pribadi. Menggunakan tiga andong, Jokowi dan rombongan pun pulang ke Gedung Agung.

Pulang ke Gedung Agung, Jokowi berada satu andong dengan Jan Ethes dan Kaesang Pangarep. Andong ini dikusiri oleh Tri Wahyono yang malam itu mengenakan surjan berwarna biru.

Duduk di samping kusir, Jokowi menyapa ribuan warga yang memadati kawasan Jalan Malioboro. Sepanjang perjalanan, Jokowi pun melayani ajakan warga untuk berswafoto bersama.

Tri Wahyono, kusir andong yang dinaiki oleh Jokowi mengatakan dirinya tak menyangka andongnya yang ditarik oleh kuda betina bernama Citut akan membawa orang nomor satu di Republik Indonesia ini.

Tri menyebut bahwa Citut tak grogi saat membawa Jokowi dan keluarga. Menurut Tri, Citut sudah biasa melihat keramaian orang di Jalan Malioboro. Tri justru mengaku jika dirinya lah yang justru grogi.

"Andongnya tidak grogi. Supirnya yang grogi. Grogi soalnya membawa Pak Jokowi. Ini tidak saya duga sama sekali kalau andong saya akan dinaiki oleh Pak Jokowi," ungkap Tri.

Tri menjelaskan jika awalnya dia hanya akan mangkal di depan Mall Malioboro untuk menunggu penumpang. Tiba-tiba dirinya justru didatangi Paspampres dan memintanya untuk mengantarkan Pak Jokowi pulang ke Gedung Agung.

Tri mengungkapkan selama perjalanan, dirinya tak banyak bercakap-cakap dengan Jokowi. Tri hanya menjawab apa yang ditanyakan oleh Jokowi.

Pak Jokowi tadi sempat tanya berapa jumlah andong yang ada di Yogyakarta. Lalu saya jawab ada 540 andong. Tadi tidak ngobrol banyak. Saya cuma menjawab pertanyaan dari Pak Jokowi saja," ujar lelaki yang telah menarik andong sejak tahun 1994 ini.

Pria asal Bantul ini mendapatkan uang dan kaos dari Jokowi sebagai upahnya mengantar. Meskipun demikian Tri enggan menjelaskan berapa honor yang diterimanya. [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini