Jokowi Beri Sepeda Bocah Vino yang Ditinggal Wafat Orangtua Akibat Covid-19

Selasa, 27 Juli 2021 19:01 Reporter : Saud Rosadi
Jokowi Beri Sepeda Bocah Vino yang Ditinggal Wafat Orangtua Akibat Covid-19 Hadiah sepeda Jokowi untuk bocah Vino. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Vino, bocah 10 tahun yang kini yatim piatu setelah kedua orang tuanya meninggal akibat Covid-19 di kampung Linggang Purworejo di Tering, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur sembuh dari Covid-19. Dia juga dapat bantuan uang dan sepeda dari Presiden Joko Widodo.

Bocah kelas 3 SD itu menjalani isolasi mandiri hingga Senin (26/7) kemarin, usai kepergian ibunya, Lina Safitri (31) dan ayahnya Kino Raharjo (31) pada 19 dan 20 Juli 2021 lalu dengan status terkonfirmasi Covid-19.

"Pernyataan dari Puskesmas, Vino dinyatakan sudah sembuh," kata paman Vino, Margono, dikonfirmasi merdeka.com, Selasa (27/7).

Kendati demikian, menurut Margono, sementara ini Vino tetap menjalani protokol kesehatan. "Sekarang Vino lebih banyak istirahat dulu. Karena satu minggu ini banyak yang datang ke rumah Vino," ujar Margono.

Presiden Joko Widodo hari ini memberikan bantuan uang tunai dan sepeda kepada Vino, yang disampaikan melalui Polres Kutai Barat dan Kodim Kutai Barat.

"Sepedanya datang siang ini tadi. Disampaikan bahwa uang dari Bapak Presiden Jokowi Rp 25 juta buat Vino," ungkap Margono.

Selain itu, terkait masa depan pendidikan Vino, dari rembuk keluarga hampir dipastikan Vino melanjutkan pendidikan dalam asuhan neneknya di Sragen, Jawa Tengah.

"Karena mbah (nenek)-nya punya hak asuh atas Vino. Mbah-nya juga menyanggupi membiayai Vino, juga dengan bantuan dinas-dinas (di Kutai Barat)," demikian Margono.

Kisah Vino mengundang menyita perhatian publik. Mulai dari Gubernur Kaltim Isran Noor hingga artis ibukota yang menyatakan kesiapannya membiayai pendidikan Vino hingga ke jenjang lebih tinggi. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini