Jokowi akan Lantik Jenderal TNI Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Siang Ini

Rabu, 17 November 2021 06:17 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi akan Lantik Jenderal TNI Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Siang Ini Andika Perkasa jalani fit and proper calon panglima TNI di DPR RI. ©2021 Liputan6 com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11) di Istana Negara, Jakarta. Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat menjawab pertanyaan wartawan usai meresmikan jalan tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Selasa, 16 November 2021.

“Pelantikan Panglima (TNI) insyaallah besok, hari Rabu (17/11)," kata Jokowi.

Sementara itu Kepala Sekretriat Kepresidenan Heru Budi Hartono menjelaskan pelantikan akan digelar pukul 13.30 WIB. "Jam 13.30 WIB," ungkap Heru.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi mengajukan nama Jenderal Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto. Andika akan menggantikan Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun pada November 2021.

Andika Perkasa telah menjalani fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu 6 November 2021 bersama Komisi I DPR RI. Komisi I DPR RI pun menyetujui Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI usai mendengarkan pemaparan dan tanya jawab.

Usai disetujui Komisi I DPR, langkah selanjutnya pada Senin 8 November 2021 akan menggelar Rapat Paripurna DPR RI untuk mensahkan Andika Perkasa sebagai calon Panglima TNI. [ded]

Baca juga:
DPR Papua Berharap Jenderal Andika Perkasa Buktikan Ucapan
Jelang Pelantikan Panglima TNI, Jokowi, Hadi Tjahjanto & Andika Berdiskusi di Istana
Jokowi Dikabarkan Panggil Hadi Tjahjanto dan Andika Perkasa ke Istana
Dukung Jenderal Andika Perkasa, Polri Pastikan Sinergitas dengan TNI Dipertahankan
Besok, Jokowi Lantik Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini