Jokowi akan Ikut KTT Luar Biasa Secara Online, Bahas Penanganan Covid-19

Rabu, 25 Maret 2020 17:09 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi akan Ikut KTT Luar Biasa Secara Online, Bahas Penanganan Covid-19 Jokowi tinjau kesiapan RS darurat virus corona. ©Hafidz Mubarak A/POOL/AFP

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa secara virtual guna membahas penanganan Covid-19. Kegiatan tersebut akan dilakukan secara virtual pada tanggal 26 Maret 2020 pukul 19.00 malam. Diharapkan dalam pertemuan para Kepala Negara G20 dapat menghasilkan suatu Pernyataan Bersama terkait Covid-19.

Dalam kesempatan itu pula, Kepala Negara Arab Saudi, Raja Salman sebagai Presidensi G20 tahun 2020, akan memimpin KTT. Kegiatan tersebut akan berdiskusi secara online dengan para pemimpin negara anggota G20 dan organisasi internasional terkait di antaranya PBB, WHO, Bank Dunia dan IMF.

Dengan tujuan untuk membahas tidak saja penanganan krisis pandemi, tetapi juga dampak ekonomi dan sosial yang berpengaruh pada global supply-chain.

Dikutip dari halaman setkab.go.id, IMF memperkirakan bahwa dampak Covid-19 berpotensi untuk krisis ekonomi global pada tahun 2008. Untuk itu, pertemuan G20 kali ini untuk melakukan langkah stabilitas keuangan dan perekonomian dunia.

1 dari 1 halaman

Dorong Solidaritas Global

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut rencananya akan berpartisipasi dalam KTT G20 untuk mendorong solidaritas global yang memerlukan aksi bersama dan terkoordinasi. Seperti kepentingan untuk kebutuhan akses dan keterjangkauan peralatan kesehatan dan vaksin.

Dukungan pendanaan juga, dalam mekanisme bilateral, regional ataupun multilateral secara global perlu didukung dengan peningkatan kerja sama internasional dalam memerangi Covid-19.

Nantinya, aspek perdagangan internasional dan kerja sama internasional juga jadi pokok bahasan utama guna menjamin kelancaran arus barang dan jasa, serta penguatan upaya global dalam merespon Covid-19. [eko]

Baca juga:
Cegah Corona, Ini Kerumunan Massa yang Bakal Dibubarkan Polri
Virus Corona Merebak, Perhatikan 5 Tips Ini Saat Isolasi Diri di Rumah
Hasil Tes Swab Belum Keluar, Kepala LPPM IPB Meninggal Dunia
Jumlah di Tangsel Meningkat, ODP 202 dan PDP 89 Orang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini