JK soal kemacetan mudik: Tak bisa salahkan satu orang saja

Selasa, 12 Juli 2016 13:45 Reporter : Faiq Hidayat
JK soal kemacetan mudik: Tak bisa salahkan satu orang saja Jusuf Kalla di Masjid Salman ITB. ©2016 Merdeka.com/iman herdiana

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai bahwa kemacetan hingga menyebabkan belasan orang meninggal menjadi tanggung jawab bersama. Dia meminta banyak pihak tidak menyalahkan satu lembaga atau kementerian saja.

"Tentu semua kita tidak bisa menyalahkan satu orang saja. Semua yang terlibat ini juga tentu punya tanggung jawab. Tapi tanggung jawab dengan bersalah kan berbeda kan," kata Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (12/7).

Menurutnya, pejabat yang terlibat dalam mengatasi kemacetan mudik yakni, Menhub Ignasius Jonan, MenPU-PERA Basuki, Kepolisian dan Pemda. Dia berharap pada lebaran tahun 2017, pejabat terkait bisa mengatasi kemacetan.

"Jadi yang terlibat itukan, ada menteri perhubungan pasti, menteri pu pasti, ada kepolisian, pemerintah daerah, masyarakat sendiri juga mungkin, semua lah. Kita menyesalkan pasti. Ini yang penting tahun depan harus diatur lebih baik lagi," kata dia.

Seperti diketahui, kemacetan parah yang terjadi di ruas tol Pejagan-Brebes saat arus mudik mengundang kritik tajam dari sejumlah pihak. Terlebih belakangan diketahui kemacetan itu memakan korban jiwa belasan orang meninggal dunia. [ang]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini