JK: RI bantu USD 1 juta untuk korban gempa Nepal

Senin, 27 April 2015 12:02 Reporter : Henny Rachma Sari
Wapres JK bertemu aktivis Greenpeace. ©2015 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia memutuskan untuk membantu korban gempa dahsyat di Nepal. Selain mengirimkan tim, pemerintah juga memberi bantuan uang senilai USD 1 juta negeri atap dunia tersebut.

"Saya ingin sampaikan bahwa Indonesia dalam rangka membantu Nepal itu sudah akan mengirimkan orang juga membantu USD 1 juta. Tim SAR dan juga bantuan USD 1 juta," kata JK usai acara Tropical Landscape Summit di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Senin (27/4).

JK tidak berbicara banyak tentang belasan warga negara Indonesia (WNI) yang hilang di Nepal setelah gempa terjadi. Dia hanya mengatakan, "Sebagian sudah diketahui."

Sebelumnya, gempa di Nepal berdaya guncang 7,9 Skala Richter (SR). Akibatnya, ribuan orang meregang nyawa dan luka-luka.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan bantuan Indonesia untuk bencana gempa bumi di Nepal bisa masuk dalam waktu 3-4 hari. Dia mengungkapkan pihaknya masih membicarakan apakah bantuan ini masuk melalui India atau langsung ke Nepal.

"(Yang ini) masih dibicarakan," ungkapnya.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan bahwa pihaknya saat ini sedang melakukan koordinasi internal terkait pengiriman bantuan bencana gempa yang memakan ribuan korban di Nepal ini. [ren]

Topik berita Terkait:
  1. Jusuf Kalla
  2. Gempa Nepal
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini