JK pastikan hubungan baik RI-Arab Saudi tetap berlanjut

Selasa, 27 Januari 2015 16:12 Reporter : Sri Wiyanti
JK pastikan hubungan baik RI-Arab Saudi tetap berlanjut JK Jonan Puan temui keluarga AirAsia. ©2014 merdeka.com/darmadi sasongko

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di Tanah Air dari kunjungannya ke Arab Saudi melayat atas meninggalnya Raja Abdullah. JK tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Selasa (27/1) dini hari.

JK mengatakan selain menyampaikan duka cita, kunjungannya juga untuk mengucapkan selamat kepada Raja Arab Saudi yang baru, yakni Raja Salman.

"Di Saudi tentu saya tujuan utamanya untuk menyampaikan rasa duka cita presiden dan seluruh rakyat atas wafatnya Raja Abdullah. Kedua, sekaligus menyampaikan ucapan selamat kepada Raja baru. Itu tujuannya dan saya ketemu semuanya juga menyampaikan hal itu atas nama Presiden dan seluruh rakyat dan disambut baik oleh mereka," papar JK di kantornya, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (27/1).

JK mengatakan, hubungan baik antara Indonesia dengan Arab Saudi tetap akan dijaga untuk semua sektor.

"Secara sejarah, sejarah budaya, secara politik hubungan kita dengan Saudi selalu baik, begitu juga secara ekonomi. Tentu juga akan dilanjutkan," tutur JK.

Bahkan, lanjut JK, semula Pangeran Salman berniat berkunjung ke Indonesia pada Februari tahun ini, atas undangan Wakil Presiden Indonesia. Namun lantaran sepeninggal Raja Abdullah, Pangeran Salman menjabat sebagai Raja Arab Saudi, maka rencana tersebut harus dijadwal ulang.

"Kan kalau putra mahkota, biasanya koleganya itu wapres, kalau raja dengan presiden. Begitu urut kerjanya. Kalau putra mahkota diundang itu wapres yang undang, kalau raja yang undang presiden, karena memang sudah lama raja Saudi atau putra mahkotanya tidak datang ke Indonesia. Sudah lebih 20 tahun," tutur JK. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini