JK Optimis Upacara 17 Agustus 2021 Kondisi Akan Kembali Normal

Senin, 17 Agustus 2020 13:26 Reporter : Intan Umbari Prihatin
JK Optimis Upacara 17 Agustus 2021 Kondisi Akan Kembali Normal Jokowi dan Jusuf Kalla Bertemu di Istana. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia, Senin (17/8) secara virtual di kediamannya, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan. JK mengikuti bersama istrinya Mufidah Jusuf Kalla yang mengenakan baju asal Makassar.

JK mengungkapkan meskipun dilakukan secara virtual dan penuh kesederhanaan, namun upacara tetap berlangsung dengan penuh khidmat. Untuk itu JK berterima kasih kepada panitia penyelenggara.

"Acaranya tentu sederhana dan virtual namun penuh khidmat, untuk itu berterimakasih kepada semua penyelenggara yang telah mensukseskan upacara virtual ini," kata JK dalam pesan singkat, Senin (17/8).

JK optimis upacara 17 Agustus 2021 dapat kembali dilaksanakan seperti biasa. Menurutnya pandemi Covid-19 akan selesai tahun depan. Sehingga kata JK masyarakat bisa kembali merayakan hari kemerdekaan dengan penuh rasa gembira.

"Tentunya tahun ini kita mengalami stagnasi karena pandemi covid-19, namun tahun depan Insyaallah akan selesai dan upacara bisa dilangsungkan seperti biasa dan rakyat bisa bergembira merayakan hari kemerdekaan" kata JK.

Sebelumnya diketahui tidak hanya JK mengikuti upacara virtual. Sejumlah tokoh pun hadir, terlihat Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian Presiden ke-6 Try Sutrisno, Wakil Presiden ke-9 Hamzah Haz pun had

Sebelumnya diketahui dalam pelaksanaan upacara kali ini peserta dibatasi. Hanya Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Wapres Ma'ruf Amin kemudian empat pejabat lainnya menjadi petugas upacara.

Mereka yakni, Ketua MPR Bambang Soesatyo yang bertugas sebagai pembaca teks proklamasi, Menteri Agama Fachrur Rozie selaku pembaca doa, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Kemudian, petugas yang hadir pun hanya terdiri dari satu Komandan Upacara, tiga orang pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) yang berasal dari cadangan 2019, 20 orang pasukan upacara dari TNI/Polri, 24 orang korps musik, 2 orang MC, serta 17 anggota TNI. Mereka bertugas sebagai pasukan pelaksana tembakan kehormatan saat upacara detik-detik proklamasi.

Tidak hanya itu, kali ini hanya ada 8 orang anggota Paskibraka yang betugas. Berbeda dari peringatan kemerdekaan biasanya menugaskan 68 Paskibraka. Adapun tiga anggota untuk upacara kenaikan bendera dan 3 anggota untuk upacara penurunan. Sisanya, 2 anggota cadangan. [eko]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini