JK Nilai Tidak Bisa Hidup Berdamai dengan Virus Corona yang Ganas dan Mematikan

Selasa, 19 Mei 2020 16:00 Reporter : Merdeka
JK Nilai Tidak Bisa Hidup Berdamai dengan Virus Corona yang Ganas dan Mematikan Jusuf Kalla. ©2020 Liputan6.com/Ady Anugrahadi

Merdeka.com - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla menegaskan, virus corona atau Covid-19 ini termasuk ganas. Sehingga tak bisa diajak berdamai.

Hal ini diutarakannya saat webinar yang diadakan oleh Universitas Indonesia: "Segitiga Virus Corona".

"Ini kan virus ganas dan tidak pilih-pilih siapa. Tidak bisa diajak berdamai, kalau namanya berdamai itu, kalau dua-duanya berdamai. Kalau kita hanya ingin berdamai tapi virusnya enggak, bagaimana," kata pria yang akrab disapa JK ini, Selasa (19/5).

JK menuturkan, jika ada yang menggunakan istilah berdamai dengan virus Covid-19, dirasanya kurang pas.

"Kurang pas sebenarnya. Karena damai itu harus kedua belah pihak. Tidak ada perdamaian bagi mereka. Bahwa you bisa kena, bisa mati," ungkap JK.

Wakil Presiden RI ke 10 dan 12 ini berkelakar dengan istilah berdamai. "Jadi tidak ada, kita gencatan senjata, nanti tahun depan kita mulai lagi. Enggak ada istilahnya perdamaian," tutur JK.

Menurutnya, bahasa yang tepat adalah kebiasaan masyarakat harus diubah.

"Mungkin kebiasaan kita yang harus berubah. Itu mungkin dianggap hidup berbarengan, pakai masker terus, cuci tangan terus. Tapi tidak berarti kita berdamai, tidak ada. Karena risikonya mati," ucapnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini