JK: Malaysia dukung tindak tegas perusahaan pembakar hutan dan lahan

Jumat, 18 September 2015 19:05 Reporter : Sri Wiyanti
JK: Malaysia dukung tindak tegas perusahaan pembakar hutan dan lahan Jusuf Kalla bertemu PM Malaysia. ©dokumentasi jk

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, pemerintah Malaysia sudah memberi lampu hijau apabila ada perusahaan milik warga Malaysia yang terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan.

JK mengatakan, pemerintah Indonesia saat ini sedang melakukan berbagai upaya untuk mengurangi efek kebakaran hutan dan lahan di Sumatera dan Kalimantan, termasuk upaya tindakan hukum bagi perusahaan-perusahaan yang terbukti bersalah.

Tindakan hukum itu diberlakukan tidak hanya bagi perusahaan Indonesia, melainkan perusahaan asing yang terbukti terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan.

"Malaysia mendukung itu, tindak tegas kepada siapa saja termasuk perusahaan Malaysia," kata JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (18/9).

Malah, lanjut JK, Malaysia mendesak perusahaan Malaysia yang beroperasi di Sumatera untuk disiplin dan berani bertanggung jawab apabila terlibat.

"Seperti diketahui juga di Sumatera banyak perusahaan Malaysia juga beroperasi sehingga Indonesia juga Malaysia mendesak juga kepada perusahaan Malaysia yang beroperasi di Sumatera untuk disiplin dan juga siap untuk ditindaki apabila memang bersalah," kata JK.

JK menegaskan bahwa Indonesia sendiri tidak menginginkan terjadi kebakaran hutan dan lahan, terlebih lagi hingga mengusik negara-negara tetangga.

"Sekali lagi bahwa hal itu (asap) tidak diinginkan dan Indonesia sudah berusaha sebaik-baiknya untuk mencegah, tapi namanya alam (El Nino) yang berubah ini ya terjadi begitu," tutur JK. [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini