JK Bicara Tipe Pemimpin: Jadi Inspirasi, Tak Boleh Ragu dan Kuasai Masalah

Selasa, 1 September 2020 09:30 Reporter : Merdeka
JK Bicara Tipe Pemimpin: Jadi Inspirasi, Tak Boleh Ragu dan Kuasai Masalah Jokowi dan Jusuf Kalla Bertemu di Istana. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) memberikan ‘wejangan’ kepada para perwira Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) XLVII Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di Markas Sesko TNI Bandung, Jawa Barat. JK mengatakan, pemimpin harus berprinsip memberi inspirasi, motivasi dan berani melakukan eksekusi.

"Pemimpin harus bisa memberikan inspirasi kepada anak buahnya, dalam hal ini bagaimana menyelesaikan misi. Kemudian memberi motivasi," kata JK disampaikan dalam siaran pers, Selasa (1/9).

JK mengamini, ada perbedaan antara metode kepemimpinan militer dan sipil. Tapi secara prinsip kuncinya ada dalam motivasi.

JK memberi contoh, saat kekalahan Amerika di beberapa tempat seperti Irak dan Afganistan itu disebabkan pasukan tidak termotivasi dalam bertempur. Karenanya, pemimpin harus melakukan eksekusi atau pengambilan keputusan penting.

"Tugas terpenting dari seorang pemimpin adalah bagaimana mengambil sebuah keputusan," tegas JK.

2 dari 2 halaman

Menurut JK, seorang pemimpin apalagi pemimpin militer tidak boleh ragu dalam mengambil keputusan. Sebab, kemampuan seorang pemimpin dapat dinilai dari bagaimana ia mengambil sebuah keputusan yang tepat, cepat dan tidak ragu-ragu.

"Agar tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan maka seorang pemimpin harus selalu bisa menguasai persoalan dengan baik," saran dia.

JK meyakini, kemampuan kepemimpinan dapat dinilai dari bagaimana dia memberikan keputusan yang berani tidak boleh ragu dan tepat dengan menguasai persoalan.

"Ada 3 perbedaan mencolok dari model kepemimpinan dari 3 bidang yang berbeda. Bidang bisnis yang paling diutamakan adalah hasil, sementara prosesnya bisa menyesuaikan. Bidang pemerintahan yang terpenting prosedurnya benar, bukan hasilnya. Sementara bidang sosial yang paling penting adalah bagaimana menyelamatkan nyawa manusia," JK menandasi.

Reporter: Muhammad Radityo

Sumber: Liputan6.com

[rnd]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jusuf Kalla
  3. TNI
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini