Jimly sebut Jokowi siap jelaskan sendiri ke DPR soal pembatalan BG

Rabu, 1 April 2015 12:59 Reporter : Putri Artika R
Jimly sebut Jokowi siap jelaskan sendiri ke DPR soal pembatalan BG Jokowi beri penghargaan sopir angkot teladan. ©2013 merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Hari ini, anggota tim 9 Jimly Asshiddiqie, bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam pertemuan ini banyak hal yang dibahas salah satunya soal undangan DPR pada Presiden Jokowi.

Seperti diketahui, DPR mengundang Jokowi untuk menjelaskan alasan pembatalan pelantikan calon Kapolri yang telah mereka setujui, Komjen Pol Budi Gunawan.

"Singgung-singgung sedikit, tapi fokus kami kan bicara soal Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPP), tapi disinggung sedikit," ujar Jimly usai bertemu Jokowi di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/4).

Jimly sempat bertanya kepada Presiden jika diperlukan apakah siap memberikan penjelasan terhadap DPR. Kata Jimly, Presiden pun menyatakan kesiapannya.

"Tadi saya tanya beliau (Presiden) siap menjelaskan, yang menjelaskan juga bisa wapres, sama saja. Keduanya kan institusi Presiden, Keduanya tak merasa punya beban untuk menjelaskan," ujarnya.

Tapi menurutnya, Jokowi tidak perlu datang langsung ke DPR untuk menjelaskan hal tersebut. Meskipun penjelasan secara tertulis sudah disampaikan Presiden melalui surat kepada DPR, namun, kata Jimly, penjelasan lisan juga diperlukan. Tetapi tidak harus presiden.

"Penjelasan tertulis kan sudah, tinggal memerlukan penjelasan lisan. Ya, tak apa-apa. Kalau memberi penjelasan tak harus Presiden," jelas mantan Ketua MK.

Jimly yakin DPR tidak mempermasalahkan pencalonan Badrodin Haiti pengganti pencalonan Budi Gunawan. DPR, kata Jimly, hanya membutuhkan penjelasan yang lengkap terkait pembatalan itu.

"DPR memerlukan penjelasan yang saya tangkap tak mempermasalahkan pencalonan Pak Badrodin, hanya memerlukan penjelasan," kata Jimly. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini