Jimly: Jokowi tak bisa digulingkan jika tak lantik Budi Gunawan

Rabu, 28 Januari 2015 15:26 Reporter : Muhammad Sholeh
Jimly: Jokowi tak bisa digulingkan jika tak lantik Budi Gunawan

Merdeka.com - Tim Independen baru saja selesai bertemu dengan Presiden Joko Widodo. Sejumlah saran telah disampaikan kepada Jokowi soal dampak jika Komjen Budi Gunawan dilantik jadi Kapolri dan jika tidak dilantik.

Anggota Tim Independen Jimly Asshiddiqie menegaskan, Presiden Jokowi tidak bisa di-impeachment atau digulingkan bila tidak melantik Budi Gunawan sebagai Kapolri. Sebab, tidak ada kesalahan secara personal yang dilakukan presiden untuk dilakukan impeachment.

"Ya artinya urusan lantik atau tidak ini tidak bisa dijadikan alasan untuk impeachment-lah. Jauh, karena ini bukan urusan kesalahan. Kalau pun ini urusan kesalahan, itu bukan masalah pribadi presiden. Impeachment itu kalau dia korupsi, kalau dia menerima suap, itu kan perilaku individual," jelas Jimly kepada wartawan di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (28/1).

Jika DPR tetap mewacanakan impeachment lantaran tidak melantik Budi Gunawan, dia yakin rakyat justru akan mendukung keputusan Presiden dan itu membuat posisi Jokowi jadi kuat.

"Karena ada etika maka prosesnya harus proses hukum, jadi dengan kata lain dalam sistem presidensial kita, impeachment itu memperkuat posisi presiden," jelasnya.

Menurut Jimly, persoalan impeachment merupakan dinamika politik antara DPR dengan Presiden. Lebih lanjut, pihaknya tidak mau terjebak untuk mencampuri persoalan lebih dalam lagi.

Yang terpenting, tegas Jimly, Tim Independen terus memberikan saran dan masukan bagaimana kisruh antara KPK dan Polri segera usai.

"Masukannya kita kan alternatif paling ekstrem kanan dan ekstrem kiri dengan masing-masing pertimbangan. Satu dua tiga empat. Yang memutuskan nanti tetap presiden," tandasnya. [lia]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini