Jika Saudi Beri Kepastian, Kloter Pertama Haji 2021 Berangkat 15 Juni

Selasa, 19 Januari 2021 13:58 Reporter : Ahda Bayhaqi
Jika Saudi Beri Kepastian, Kloter Pertama Haji 2021 Berangkat 15 Juni Yaqut Cholil Qoumas ditunjuk jadi Menteri Agama. ©Youtube Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas belum bisa memberikan kepastian penyelenggaraan haji tahun 2021. Sebab, kepastian berada di pemerintah Arab Saudi.

Kementerian Agama sudah melakukan koordinasi dengan Duta Besar Arab Saudi untuk RI, serta koordinasi dengan otoritas terkait haji di pemerintah Arab Saudi. Hasil pertemuan disebutkan belum ada kepastian penyelenggaraan haji tahun 2021.

"Sampai dengan saat ini kepastian ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 belum dapat diperoleh," ujar Menag Yaqut dalam rapat dengan Komisi VIII DPR RI, Selasa (19/1).

Yaqut mengatakan, Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi masih fokus penanganan Covid-19 dan memantau penanganan pandemi di negara calon penerima haji. Apabila pemerintah Arab Saudi memberikan kepastian pemberangkatan haji, Kementerian Agama sudah menghitung asumsi normal perkiraan pemberangkatan kloter pertama dilakukan pada 15 Juni 2021.

"Sesuai kalender hijriah dan berdasarkan asumsi normal perkiraan jadwal pemberangkatan jemaah haji tahun 1442 hijriah, 2021 masehi di kloter pertama akan diberangkatkan 15 Juni 2021," kata Yaqut.

Baca Selanjutnya: Persiapan Terbatas...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini