'Jika Samad ketemu PDIP terkait kepentingan negara tak masalah'

Jumat, 23 Januari 2015 02:01 Reporter : Sri Wiyanti
'Jika Samad ketemu PDIP terkait kepentingan negara tak masalah' Laporan akhir tahun KPK. ©2014 Merdeka.com/Dwi Narwoko

Tergantung pertemuan dalam rangka apa. Kalau dalam rangka kepentingan negara itu tidak masalah, kalau dalam rangka kepentingan lain itu jadi persoalan.


- Hamdan Zoelva

Merdeka.com - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Hamdan Zoelva menilai, pertemuan antara Ketua KPK Abraham Samad dengan petinggi PDIP harus dilihat secara keseluruhan. Jika pertemuan itu dalam rangka kepentingan negara maka tidak menjadi masalah.

"Tergantung pertemuan dalam rangka apa. Kalau dalam rangka kepentingan negara itu tidak masalah, kalau dalam rangka kepentingan lain itu jadi persoalan," kata Hamdan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (22/1).

Hamdan menegaskan perlu adanya penelusuran lebih dalam terkait persoalan tersebut. Hamdan menyebut pembentukan komite etik, layak dilakukan lantaran informasi yang beredar sudah sangat liar.

"Saya kira perlu diteliti lebih dalam ya, kalau perlu untuk memastikan apakah peristiwa itu terjadi dan apakah terjadi pelanggaran etik di dalamnya, mungkin perlu juga dibentuk komite etik seperti dulu karena informasinya sudah sangat simpang siur," tutur Hamdan.

Pembentukan komite etik, lanjut Hamdan, diperuntukan agar terkuak kejadian yang sebenarnya dan membersihkan nama institusi besar seperti KPK.

"Untuk mengembalikan wibawa dan marwah KPK sebagai institusi yang diharapkan untuk menegakkan hukum dengan sebaik-baiknya dan dihormati saya kira itu (pembentukan komite etik) perlu," tutur Hamdan.

Hamdan menegaskan pembentukan komite etik dilakukan agar masyarakat bisa mendapatkan kepastian dan informasi yang sebenar-benarnya.

"Ini penting, biar orang tidak menduga-duga, tidak rumor kemana-mana, tidak membikin foto yang macam-macam. Jadi lebih baik sekalian ditempuh jalur yang benar dan jalur yang resmi dan jalur yang kredibel, dan itu sangat penting," tegas Hamdan. [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini