Jika 5 September Sudah Sangat Kondusif, Internet di Papua Bakal Dibuka Lagi

Selasa, 3 September 2019 16:07 Reporter : Merdeka
Jika 5 September Sudah Sangat Kondusif, Internet di Papua Bakal Dibuka Lagi Rapat Koordinasi Keamanan Pascapemilu. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menko Polhukam Wiranto mengatakan, sejauh ini masih membatasi akses internet di Papua. Namun, jika sampai tanggal 5 September 2019 nanti sudah benar-bener kondusif, jaringan akan dibuka kembali.

"Dari informasi yang kita dapat, dari analisis keamanan, kita masih butuh waktu sebentar saja. Jadi tanggal 5 nanti, kalau keadaan betul-betul kondusif, kita buka kembali," kata Wiranto di kantornya, Jakarta, Selasa (3/9).

Wiranto melanjutkan, pembatasan internet karena reaksi dari satu kondisi. Kondisi yang terjadi membahayakan keamanan nasional.

"Mengapa? Karena banyak yang nimbrung, banyak yang campur tangan, banyak yang menggunakan kesempatan untuk ikut-ikutan mengacaukan keadaan itu. Dengan alat apa? Dengan alat-alat media sosial. Dengan internet," ucapnya.

Menurut dia, saat itu kondisinya, banyak hasutan dan hoaks. Bahkan, kondisi yang tidak stabil, membuat menjadi berita bohong. "Sehingga sulit bagi kami aparat keamanan untuk menstabilkan daerah itu," jelas Wiranto.

Dia pun sudah berkoordinasi dengan Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BIN, mengenai kondisi sekarang. Di mana, hoaks sudah berkurang.

"Hasutan sudah hampir enggak ada, tonenya sudah positif, hoaksnya 10 persen, yang positif 90 persen. Kondisi daerah kan sudah stabil," ungkap Wiranto.

Meski demikian, dari informasi yang didapat, masih memerlukan waktu lagi. Sehingga, jika nanti 5 September masih dalam keadaan kondusif, internet kembali dinormalkan.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini