Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tanya Situasi saat Kerusuhan

Rabu, 5 Oktober 2022 15:13 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jenguk Korban Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Tanya Situasi saat Kerusuhan Presiden Jokowi di Maluku Utara. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Saiful Anwar, Kota Malang, Jawa Timur, untuk menjenguk korban tragedi Kanjuruhan. Jokowi ingin memastikan para korban yang dirawat mendapatkan pelayanan terbaik.

"Baru saja saya menjenguk para korban tragedi di stadion Kanjuruhan Malang, saya ingin memastikan bahwa yang dirawat di rumah sakit ini mendapatkan pelayanan yang paling baik," kata Jokowi di RSUD dr. Saiful Anwar, Rabu (5/10).

Kepala Negara sempat berbincang-bincang dengan sejumlah korban yang dirawat. Jokowi ingin benar-benar tahu akar masalah tragedi kemanusiaan itu.

"Saya juga berbincang-bincang dengan satu dua tiga empat pasien korban di Stadion Kanjuruhan untuk mengetahui situasi di malam pertandingan 1 Oktober yang lalu," kata Jokowi.

"Saya benar-benar ingin tahu akar masalah penyebab tragedi ini sehingga ke depan kita bisa mendapatkan sebuah solusi terbaik dan kita tahu sudah dibentuk Tim Pencari Fakta Independen yang diketuai oleh Pak Menko Polhukam," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Lebih lanjut, Jokowi berpesan kepada para pasien korban di Stadion Kanjuruhan tetap semangat dan segera sembuh agar bisa beraktivitas kembali. Dia juga bilang kepada korban yang dirawat bahwa seluruh biaya perawatan ditanggung pemerintah.

Tak hanya menjenguk, Jokowi turut memberikan santunan kepada keluarga korban yang meninggal dunia dalam tragedi Kanjuruhan. Santunan yang diberikan sebesar Rp50 juta.

"Tadi sudah kita sampaikan sedikit santunan kepada korban yang meninggal, saya tahu tidak hanya dari pemerintah pusat tapi juga pemerintah provinsi, pemerintah kota Malang, kemudian Bank Jatim juga telah memberikan santunan itu yang bisa meringankan beban dari keluarga dan kerabat korban," tutup Jokowi.

Baca juga:
Jenderal Andika Jelaskan Pasal Pidana Jerat Prajurit TNI Terlibat Tragedi Kanjuruhan
Mahfud MD: TGIPF Bisa Rekomendasikan Perombakan Organisasi Sepak Bola Indonesia
Jokowi Perintahkan Tim Pencari Fakta Usut Tragedi Kanjuruhan Kurang dari Sebulan
Kesaksian Aremania: Aparat Ogah Beri Bantuan saat Banyak Suporter Jatuh Pingsan
Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Audit Total Semua Stadion untuk Liga

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini