Jenderal Tito Pimpin Pemakaman Mantan Kapolri Awaloedin di TMP Kalibata

Jumat, 1 Februari 2019 15:56 Reporter : Merdeka
Jenderal Tito Pimpin Pemakaman Mantan Kapolri Awaloedin di TMP Kalibata Pemakanan Mendiang Mantan Kapolri Jenderal Purnawirawan Awaloedin. ©2019 Liputan6.com

Merdeka.com - Mendiang Mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaloedin Djamin dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Prosesi pemakaman dilaksanakan, Jumat (1/2) sekira pukul 13.56.

Peti jenazah diiringkan ke liang lahat dengan upacara militer dan tembakan salvo kehormatan. Sekira ratusan pelayat menghadiri upacara pemakaman untuk memberikan penghormatan terakhir.

Antara lain, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto dan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komisaris Jenderal Idham Aziz. Selain itu, para mantan Kapolri seperti mantan Kapolri Jenderal (Purn) Badrodin Haiti juga turut hadir dalam upacara.

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian yang langsung memimpin upacara mengungkapkan upacara ini diselenggarakan sebagai penghormatan dan penghargaan kepada almarhum.

"Selaku Kapolri saya menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya. Seraya memanjatkan Doa," ucap dia.

Ia mengatakan, almarhum merupakan sosok bayangkara yang memegang teguh prinsip pengabdian dan perjuangan.

"Hingga akhir hayatnya almarhum terus memberikan darma bakti kepada intitusi kepolisian bangsa dan negara Indonesia," kata dia.

Almarhum meninggal dunia pada Kamis 31 Januari 2019 sekitar pukul 14.55 WIB.
setelah beberapa hari menjalani perawatan di RS Medistra, Jakarta Selatan.

Awaloedin lahir di Padang, Sumatera Barat, 26 September 1927 silam. Sebelum menjabat sebagai kapolri pada 1978-1982, dia pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja saat Kabinet Ampera pada era Presiden Soeharto pada tahun 1966-1967.

Semasa hidup, Awaloedin menerapkan sistem keamanan lingkungan (siskamling) yang mengikutsertakan masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungannya.

Sebagai Kapolri kedelapan di republik ini, Awaloedin juga didapuk sebagai Bapak Satpam Indonesia karena dia mempelopori lahirnya satpam.

Reporter: Ady Anugrahadi

[rhm]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini