Jenazah Cai Changpan Masih Proses Autopsi

Minggu, 18 Oktober 2020 15:33 Reporter : Rifa Yusya Adilah
Jenazah Cai Changpan Masih Proses Autopsi Narapidana Cai Changpan alias Cai Ji Fan. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Terpidana mati kasus narkoba Cai Changpan alias Chai Ji Fan ditemukan tewas gantung diri di sekitar pabrik pembakaran ban di dalam Hutan Jasinga Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (17/10).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, jenazah Cai Changpan saat ini masih proses autopsi oleh Tim Forensik Rumah Sakit (RS) Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Namanya autopsi kan berarti masih proses ya, jadi belum selesai (diautopsi)," kata Yusri saat dihubungi merdeka.com, Minggu (18/10).

Proses autopsi perlu dilakukan untuk memastikan penyebab kematian serta kebenaran apakah jenazah yang ditemukan adalah Cai Changpan. Sejauh ini, Yusri memastikan bahwa jenazah tersebut adalah Cai Changpan. Namun, untuk informasi lebih detail, akan akan disampaikan setelah proses autopsi selesai.

Yusri mengatakan proses autopsi akan selesai esok hari. Hasil autopsi juga akan disampaikan pada hari Senin, 19 Oktober 2020.

"Besok akan disampaikan lewat konferensi pers (detailnya). Sekalian sama hasilnya (autopsinya) juga ya," katanya.

Sebagai informasi, Cai Changpan alias Antoni ditemukan tewas sekitar pukul 10.30 WIB saat aparat kepolisian melakukan penggerebekan di lokasi. Yusri mengatakan bahwa Cai Changpan sempat mengancam satpam yang berada di lokasi pembakaran ban untuk tidak melaporkan bahwa dirinya bersembunyi di sana.

"Dia (satpam) juga sempat diancam, enggak boleh lapor ke siapa-siapa," ujar Yusri lagi.

Setelah mendapat laporan, aparat kepolisian langsung bergerak ke lokasi pabrik yang dimaksud dan melakukan penggerebekan. Saat itulah, pihaknya menemukan mantan Cai Changpan itu sudah tidak bernyawa.

Cai Changpan merupakan terpidana kasus narkoba yang divonis mati terkait kasus penyelundupan sabu seberat 110 kg pada 2016. Dia divonis hukuman mati tersebut pada 19 Juli 2017 oleh Pengadilan Negeri (PN) Kota Tangerang.

Mantan lulusan dari militer China ini sempat mendekam di Lapas Klas I Tangerang. Namun, ia dinyatakan hilang setelah kabur dengan cara menggali tanah kamar tahanannya pada 14 September 2020 lalu.

Tim kepolisian mencari keberadaan Cai Chang Pan di seluruh wilayah termasuk di wilayah Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Cai dikabarkan sempat bertemu dengan istri dan anaknya di rumahnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tahanan Kabur
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini