Jembatan Yahuli Terputus, Jalur Jayapura-Wamena Belum Dapat Dilalui

Rabu, 6 Maret 2019 08:04 Reporter : Henny Rachma Sari
Jembatan Yahuli Terputus, Jalur Jayapura-Wamena Belum Dapat Dilalui Ilustrasi. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Jalur trans poros Jayapura-Wamena hingga kini masih belum dapat dilalui. Sebab, jembatan Yahuli yang berada di Kabupaten Yalimo masih terputus.

Kepala Satuan Kerja Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BBPJN) Jayapura Saut Munthe kepada Antara di Jayapura, Rabu, mengatakan ruas jalan Jayapura-Wamena sampai saat ini belum bisa dilewati akibat Jembatan Yahuli putus sejak Minggu (3/2).

Ia berdalih proses perbaikan belum dapat dilakukan lantaran badan jembatan masih dalam proses pemesanan dan belum di Jayapura.

"Nantinya rangka jembatan itu dikirim ke Jayapura dan selanjutnya dibawa ke Yahuli," kata Munthe.

Ia mengatakan dengan tidak adanya aktivitas kendaraan di ruas jalan tersebut, maka para pekerja saat ini fokus mengerjakan jalan yang sempat terganggu akibat tingginya pengguna jalan.

"Memang betul sambil menunggu pengerjaan jembatan dilakukan, saat ini pengerjaan ruas jalan yang sempat terganggu akibat tingginya aktivitas masyarakat yang melintasi ruas jalan Jayapura-Wamena dan sebaliknya tinggi," katanya.

Sebelum putus, lanjutnya, tiap minggu sekitar 300-an kendaraan berbagai jenis melintas di ruas jalan tersebut, baik dari arah Jayapura maupun Wamena atau kabupaten lain di sekitarnya.

Dengan terhubungnya ruas Jayapura-Wamena sepanjang 575 km yang melewati Kabupaten Yalimo melayani enam kabupaten di kawasan pegunungan yang saat ini sudah terhubung jalan darat yakni Kabupaten Lanny Jaya, Tolikara, Nduga, Mamberamo Tengah, Puncak dan Kabupaten Puncak Jaya. [rhm]

Topik berita Terkait:
  1. Papua
  2. Jembatan Rusak
  3. Jembatan
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini