Laporan dari Arab Saudi

Jemaah Haji Harus Perhatikan Ini Bila Menyeberang Jalan di Mahbas Jin Mekkah

Sabtu, 25 Juni 2022 08:00 Reporter : Lia Harahap
Jemaah Haji Harus Perhatikan Ini Bila Menyeberang Jalan di Mahbas Jin Mekkah Jemaah haji Indonesia. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Jemaah haji Indonesia yang menginap di wilayah sektor satu Mekkah harus benar-benar memperhatikan lalu lintas saat menyeberang menuju terminal bus shalawat. Sebab, kendaraan melintas di kawasan Mahbas Jin cukup kencang dan sangat membahayakan jemaah.

Petugas Seksi Transportasi Daker Madinah Mashuri Masyhuda mengingatkan jemaah harus fokus saat menyeberang. "Fokus pandangan ke arah datangnya kendaraan kiri atau kanan jalan. Jemaah agar melihat juga arah tujuan akan menyeberang," katanya dalam surel yang diterima tim Media Center Haji, Sabtu (25/6).

Dia juga mengimbau jemaah tidak melakukan hal-hal yang berpotensi membahayakan keselamatan. "Jangan menyeberang sendiri sambil berlari tanpa melihat arah kendaraan datang. Apalagi sambil membuka HP, balas atau baca WA, menerima panggilan telepon, mengambil video, atau foto sambil menyeberang," tegasnya.

2 dari 2 halaman

Petugas Siap Membantu

Selain itu, sangat tidak disarankan menyeberang sambil berbincang dengan orang lain maupun sambil makam dan minum. Aktivitas tersebut juga masuk kategori mengganggu konsentrasi.

"Hindari merasa larinya kencang dan menyeberang sambil berlari."

Petugas dipastikan selalu bersiaga membantu jemaah haji yang ingin menyeberang. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan jemaah meminta bantuan petugas daripada nekat menyeberang seorang diri.

"Petugas akan mengumpulkan jemaah sebelum menyeberang sambil mengamati situasi kendaraan di jalan. Setelah aman petugas akan mempersilakan jemaah menyeberang jalan. [yan]

Baca juga:
Kriteria Jemaah Bisa Dibadalkan Haji dan Tahapannya
DPR Usul Indonesia Punya Rumah Sakit di Tanah Suci
Kisah Sumini Berangkat Haji Sendiri, Terpaksa Tinggalkan Suami
Pembangunan Rumah Indonesia Terbentur Aturan Kepemilikan Asing di Arab Saudi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini