Jelang Persidangan, Bharada E Siapkan Kejutan buat Ferdy Sambo

Selasa, 4 Oktober 2022 17:13 Reporter : Bachtiarudin Alam
Jelang Persidangan, Bharada E Siapkan Kejutan buat Ferdy Sambo Lirikan Ferdy Sambo Bikin Bharada E Gemetar. yt/Polri TV/Radio ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Kuasa Hukum tersangka kasus pembunuhan berencana Bharada E alias Richard Eliezer, Ronny Talapessy memastikan kliennya siap menjalani persidangan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

"Kami dari tim penasihat hukum akan mempersiapkan strategi-strategi bagaimana untuk membela Bharada E. Nanti itu akan kami sampaikan di pengadilan ya," kata Ronny kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (4/10).

Pun, Bharada E menyatakan kesiapannya bertemu kembali dengan mantan bosnya, Ferdy Sambo di depan Majelis Hakim.

"Ya segala kemungkinan kita siap ya, kalaupun nanti dipertemukan dengan saudara FS siap. Karena memang dalam rangka kepentingan pembelaan Bharada E tentunya kami akan maksimal," ujarnya.

"Kalau memang dari majelis hakim minta untuk bertemu secara langsung kami juga pun siap, dari penasihat hukum kami siap," tambah dia.

Adapun untuk kesehatan Bharada E, lanjut Ronny, saat ini masih dalam kondisi prima baik fisik maupun psikis dan sedang bersiap mengikuti proses tahap II pelimpahan tersangka ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan.

"Ya saya terus pantau proses kesiapan dari Bharada E, kondisinya sekarang sehat, stabil dan siap untuk menjalani tahap dua di kejaksaan," ucapnya.

Bahkan Ronny mengungkap telah menyiapkan kejutan dalam rangka pembelaan kliennya saat persidangan nanti.

"Kita sedang mempersiapkan kan ada beberapa strategi, cuma saat ini belum kita sampaikan tetapi pastinya kita ada kejutan di pengadilan dalam rangka membela Bharada E," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Lakukan Tahap II

Sebelumnya, Polri bakal melakukan proses pelimpahan tahap II khusus untuk barang bukti (barbuk) dalam kasus dugaan pembunuhan berencana dan obstruction of justice (menghalangi penyidikan) kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabarekrim) Polri Komjen Agus Andrianto mengatakan bahwa proses pelimpahan barbuk akan diterima oleh pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan

"Hari ini rencana barang bukti dulu sesuai kesepakatan (Kejaksaan). Di Kejari Jaksel," kata Agus saat dikonfirmasi, Selasa (4/10).

Sedangkan, lanjut Agus, proses pelimpahan barbuk hari ini dilakukan secara terpisah dengan pelimpahan para tersangka Ferdy Sambo Cs yang bakal dilakukan Rabu (5/10).

"Besok tersangka," singkat Agus.

Sepanjang proses pelimpahan berkas kasus pembunuhan Brigadir J, sejauh ini kepolisian telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Bharada E, Bripka RR, dan asisten rumah tangga Kuwat Maruf, serta istri Sambo Putri Candrawathi dalam kasus pembunuhan berencana.

Para tersangka dijerat dengan Pasal 340 subsidair Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP juncto Pasal 56 KUHP. Empat tersangka sudah ditahan, sementara Putri masih menunggu pemeriksaan selanjutnya.

Selain itu, polisi juga telah menetapkan tujuh orang tersangka terkait obstruction of justice dalam kasus ini. Mereka adalah Irjen Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nurpatria, AKBP Arif Rahman, Kompol Baiquni Wibowo, Kompol Chuck Putranto, dan AKP Irfan Widyanto.

Mereka diduga melanggar Pasal 49 juncto Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat (1) juncto Pasal 32 ayat (1) UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke 2 dan 233 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan/atau Pasal 56 KUHP. [rhm]

Baca juga:
Begini Penampakan Bharada E Jelang Pelimpahan Tahap II ke Kejaksaan
Pengacara Bicara Kesiapan Putri Candrawathi Jelang Pelimpahan Tahap II ke Jaksa
Penampakan Barbuk Ferdy Sambo Cs Dilimpahkan ke Jaksa, Ada 4 Pistol dan Laras Panjang
DPR: Penahanan Putri Candrawathi Kurangi Suara Minor Publik soal Diskriminasi
Polri Limpahkan Barang Bukti Kasus Ferdy Sambo Cs ke Kejari Jaksel, Tersangka Besok
AKP Rifaizal Samual Hari Ini Jalani Sidang Etik Terkait Kasus Pembunuhan Brigadir J

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini