Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Okupansi Hotel di Solo Melesat Hingga 80 Persen

Selasa, 6 Desember 2022 07:46 Reporter : Danny Adriadhi Utama
Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Okupansi Hotel di Solo Melesat Hingga 80 Persen Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah (Jateng), Bambang Mintosih, mengatakan tingkat keterisian kamar alias okupansi hotel berbintang di Kota Solo mulai merambat naik mencapai 80 persen. Kenaikkan ini terjadi menjelang prosesi kirab pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

"Cukup bagus 70-80 persen naiknya. Kalau diperkirakan saat ini hotel bintang di Jala Slamet Riyadi dapat dampak yang luar biasa. Para tamu dari kalangan pejabat dan menteri rata-rata sudah booking hotel di sana. Semua media televisi juga pada booking. Dan mayoritas dialami hotel bintang tiga, empat dan lima di Solo," kata Bambang Mintosih, Selasa (6/12).

Dia menyebut segala persiapan yang matang telah dilakukan masing-masing pengelola hotel guna menyambut acara pernikahan Kaesang-Erina. Selain momentum masyarakat Solo dan sekitarnya yang turut mangayubagya para tamu undangan dari Jakarta dan luar negeri perlu menjadi agenda kebangkitan bagi dunia perhotelan.

"Jadi persiapannya sekarang hampir semuanya ikut sibuk mangayubagya karena seluruh elemen masyarakat sangat antusias menyambut prosesi pernikahan Kaesang," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Berdasarkan pendataan yang dilakukan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Tengah, hotel-hotel yang okupansinya melejit naik rata-rata beroperasi di ruas jalan Slamet Riyadi, Bundaran Gladag dan sekitaran Pura Mangkunegaran.

"Ini waktunya bagi seluruh elemen masyarakat Solo terutama pelaku usaha perhotelan untuk belajar berbenah di tengah situasi ekonomi yang serba sulit," ujarnya.

Adanya agenda pernikahan Kaesang-Erina akan menjadi daya tarik utama di Solo karena hampir seluruh pejabat dari Jakarta dan para menteri akan ikut hadir sebagai tamu undangan. Sebab ada agenda pernikahannya Kaesang akan dikirab di CFD Solo.

"Tentunya pernikahan Kaesang dan Erina ini punya daya tarik lebih besar ketimbang pelaksanaan Muktamar Muhammadiyah apalagi semua media ikut meliput acara persiapan sampai hari H pernikahannya," pungkas Benk.

Akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan digelar pada Sabtu, 10 Desember 2022 di Yogyakarta. Sedangkan tasyakuran dilaksanakan di Solo 11 Desember 2022, mulai pagi hingga malam. [tin]

Baca juga:
Undangan Nikah Kaesang jadi Omongan Usai Diunggah Hotman Paris, Ini Penyebabnya
Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Jokowi Undang Presiden UEA
Ratusan Becak hingga Shuttle Bus Siap Antar Tamu Ngunduh Mantu Jokowi
Kerahkan 500 Personel, Begini Persiapan Polda DIY Jelang Akad Nikah Kaesang-Erina
Rizal Ramli Tak Bisa Hadiri Pernikahan Kaesang-Erina, Gibran: Kami Paham

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini