Jelang Pemilu 2019, KY akan beri pelatihan untuk 80 hakim

Rabu, 1 Agustus 2018 15:47 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jelang Pemilu 2019, KY akan beri pelatihan untuk 80 hakim Komisi Yudisial. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Yudisial (KY) akan melakukan pelatihan terhadap 80 orang hakim jelang Pemilu 2019. Ketua Bidang Pencegahan dan Peningkatan Kapasitas Hakim Joko Sasmito menjelaskan hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan agar hakim memahami perkara-perkara pemilu.

"Pelatihan tersebut dibuat sehingga tidak terjadi persoalan karena banyak yang baru dalam UU Pemilu. Itu juga penyegaran tentang masalah kepemiluan," kata Joko di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (1/8).

Dia menjelaskan pihaknya telah mendengar dari KPU dan Bawaslu terdapat beberapa pengaduan terkait pemilu di daerah Jawa Timur dan Sumatera Utara.

"Oleh karena itu pelatihan hakim itu difokuskan di Medan dan Surabaya. Kami makanya sudah bantu MA beri pelatihan hakim di Medan dan Surabaya. 42 orang Karena ini banyak peraturan baru maka perlu persepsi yang sama dari para hakim," papar Joko.

"Ada laporan tentang tindak pidana pemilu, kan nanti ada yang TUN, Bawaslu, DKPP, untuk pidana KY sudah bantu persiapkan hakim-hakim nanti kalau ada pelanggaran pidana siap," papar Joko. [bal]

Topik berita Terkait:
  1. Komisi Yudisial
  2. Pemilu 2019
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini