Jelang New Normal, Wali Kota Solo Ingatkan Kepala Sekolah Soal Kebersihan Toilet

Selasa, 2 Juni 2020 18:02 Reporter : Arie Sunaryo
Jelang New Normal, Wali Kota Solo Ingatkan Kepala Sekolah Soal Kebersihan Toilet Wali Kota Solo Ingatkan Kepala Sekolah Soal Kebersihan Toilet. ©2020 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menjelang diberlakukannya tatanan normal baru atau new normal, Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo (Rudy) mengumpulkan jajaran Dinas Pendidikan, para kepala sekolah SD hingga SMP. Mereka diberikan wejangan atau pengarahan terkait kesiapan kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19.

Dalam acara apel di halaman SMPN 4 Solo tersebut, dia mengingatkan, pola hidup baru akan segara dimulai. Kedisiplinan, etika dan rasa dalam menaati protokol kesehatan agar selalu dijaga.

Meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, diharapkan prestasi siswa dan kualitas pendidikan tetap terjaga.

"Keputusan menetapkan Kota Solo berstatus KLB pada Maret lalu dan meliburkan sekolah, salah satunya adalah untuk menyelamatkan generasi penerus. Saat ini sudah diputuskan bahwa kegiatan belajar dilaksanakan di rumah sampai 13 Juli sambil menunggu keputusan dari Pemerintah Pusat," katanya, Selasa (2/6).

Rudy menganggap, kegiatan belajar di rumah merupakan pekerjaan rumah bersama. Terutama dalam memberikan materi pembelajaran kepada anak-anak.

Menurutnya, sekarang ini saatnya revolusi mental diajarkan kepada anak Didik. Khususnya kebiasaan disiplin cuci tangan, hidup bersih dan sehat.

"Untuk mempersiapkan new normal, salah satu yang perlu diperhatikan adalah kebersihan toilet sekolah. Pemerintah akan berusaha untuk memperbaiki toilet-toilet yang ada di sekolah. Kebersihan toilet khususnya toilet siswa agar menjadi perhatian," jelasnya.

Rudy juga berpesan agar para guru lebih memperhatikan anak didik, karena mereka merupakan generasi penerus kita.

"Tolong disampaikan bahwa jaga jarak dan tidak berjabat tangan bukan berarti tidak berteman. Tetapi merupakan salah satu bentuk penerapan protokol kesehatan pola hidup baru di sekolah," pungkas Rudy. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini