Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok 11 Komoditas Pangan di Jabar Dipastikan Surplus

Sabtu, 10 Desember 2022 03:01 Reporter : Aksara Bebey
Jelang Natal dan Tahun Baru, Stok 11 Komoditas Pangan di Jabar Dipastikan Surplus Pedagang sayur. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan stok 11 komoditas pangan di semua kabupaten kota dipastikan aman di akhir tahun ini. Di sisi lain, mereka melakukan pemantauan dan pemeriksaan keamanan produk hewan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti natal.

11 komoditas pangan tersebut di antaranya, beras jagung, bawang merah, daging ayam, daging sapi, telur ayam, gula pasir, cabai besar dan cabai rawit, minyak goreng lalu bawang putih. Semua itu berdasarkan data neraca pangan strategis dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar yang dilaporkan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Dari data aplikasi neraca yang diinput oleh kabupaten kota, 11 komoditas pangan strategis di 27 kota kabupaten rata-rata mengalami surplus,” kata Kepala DKPP Jawa Barat, Moh Arifin Soedjayana.

Ia mencontohkan, kebutuhan beras di Jawa Barat mencapai 84 ribu ton, saat ini ketersediaannya mencapai 199 ribu ton. Jumlah itu menutupi defisit yang terjadi di beberapa daerah, seperti Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Sukabumi.

Lalu, ketersediaan bawang merah mencapai 5 ribu ton. Jumlah itu lebih besar dibandingkan jumlah kebutuhan 4 ribu ton, dengan harga jual Rp 30.321 per kilogram.

2 dari 2 halaman

Sedangkan ketersediaan daging sapi mencapai 3 ribu ton sementara kebutuhan mencapai 2,454 ton dengan harga jual Rp 133.883 per kilogram.

Upaya lain yang dilakukan adalah melakukan pemantauan dan pemeriksaan keamanan produk hewan dan menggelar program Gelar Pangan Murah (GMP) di sejumlah kabupaten kota untuk memastikan kebutuhan pangan masyarakat tercukupi. Hal tersebut merupakan salah satu elemen penting dalam perekonomian dan berkontribusi terhadap inflasi.

"Di program GMP ini kami menyediakan mulai dari bawang, gula, minyak goreng, hingga perdagingan. Awal Desember sudah dilaksanakan di Tasikmalaya dan Kabupaten Bandung Barat,” pungkasnya.

Baca juga:
Polisi Kaji Penerapan Ganjil Genap saat Natal dan Tahun Baru di Bogor
Tol Cisumdawu Siap Beroperasi pada 20 Desember, Ini Fakta-faktanya
Strategi Polisi Atur Lalu Lintas Puncak Bogor saat Malam Tahun Baru
Kemenhub Ingatkan Masyarakat Mau Libur Natal: Tak Ada Penjualan Tiket di Pelabuhan
Harga Bahan Pokok Naik Jelang Nataru

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini