Jelang kongres Demokrat, SBY akan temui kader partai di Surabaya

Sabtu, 7 Februari 2015 15:34 Reporter : Moch. Andriansyah
Jelang kongres Demokrat, SBY akan temui kader partai di Surabaya SBY hadiri rapat pleno Partai Demokrat. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Jelang Kongres III Partai Demokrat, Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan konsolidasi dan temu kader di Jawa Timur, sekaligus memantapkan dukungan pada kongres partai berlogo bintang mercy tersebut.

SBY dijadwalkan akan berkunjung ke Surabaya hari Minggu (8/2), untuk menggalang dukungan kembali maju sebagai ketua umum partai.

Menurut Plt Ketua DPC Partai Demokrat Surabaya, Hartoyo, Kota Surabaya memiliki kans besar ditunjuk sebagai tuan rumah Kongres III Partai Demokrat, yang rencananya digelar pada Maret mendatang.

"Konsolidasi dan temu kader bersama Pak SBY Minggu besok itu, akan digelar di Grand City, dan akan dihadiri sekitar 1.000 kader Partai Demokrat se-Jatim," terang Hartoyo kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (7/2).

Politikus yang juga menjabat Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jawa Timur ini juga menegaskan, dukungan di Jawa Timur sudah 100 persen ke SBY untuk kembali menjabat sebagai ketua umum partai.

Pada gelar konsolidasi dan temu kader Minggu besok itu, pengurus partai yang diundang terdiri dari 676 pengurus anak cabang (PAC) Partai Demokrat se-Jawa Timur, 38 DPC kabupaten dan kota se Jawa Timur, 187 anggota DPRD kabupaten dan kota asal Partai Demokrat, pengurus DPD Partai Demokrat Jawa Timur, dan 13 anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD Jawa Timur, serta jajaran pengurus DPP.

"Selain konsolidasi internal, Pak SBY juga akan berorasi menyikapi situasi politik nasional maupun politik lokal, khususnya menghadapi Pilkada serentak mendatang," papar Hartoyo.

Sementara soal penunjukan Kota Pahlawan sebagai tuan rumah kongres, pria yang juga Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kader (OKK) DPD Partai Demokrat Jawa Timur ini membenarkannya.

"Kalau benar di Surabaya, kemungkinan ditempatkan di Hotel Shangri-La Surabaya. Kemungkinan Surabaya jadi tuang rumah sudah 70 persen," ungkap Hartoyo.

Sementara Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Soekarwo sempat mengungkap pelaksanaan kongres, lokasi yang dipilih ada tiga, yaitu Jakarta, Surabaya, dan Bali. "Kalau tidak di Bali ya di Surabaya," jelas politikus yang menjabat Gubernur Jawa Timur ini.

Pakde Karwo juga mengatakan, saat ini panitia kongres tengah menyusun AD/ART, mekanisme pemilihan ketua umum dan lain sebagainya.

"Untuk DPC kabupaten dan kota, dihitung satu suara yaitu melalui ketuanya, untuk DPD provinsi juga satu suara melalui ketuanya. Hanya DPP yang memiliki tiga suara," pungkasnya. [cob]

Topik berita Terkait:
  1. Kongres Demokrat
  2. Surabaya
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini