Jelang Idulfitri, Wapres Ma'ruf Ingatkan Masyarakat Segera Bayar Zakat

Selasa, 11 Mei 2021 10:14 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jelang Idulfitri, Wapres Ma'ruf Ingatkan Masyarakat Segera Bayar Zakat Wapres Maruf Amin. ©Antara

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan masyarakat segera menunaikan zakat, infaq, sedekah dan wakaf (ZISWAF) jelang Hari Raya Idulfitri 1442H/2021. Dia menjelaskan pada masa pandemi Covid-19 ini banyak masyarakat yang membutuhkan hal tersebut.

"Di bulan Ramadan dan menjelang IdulFitri di tengah pandemi ini, banyak masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan. Ini momentum yang tepat untuk kita mengeluarkan zakat, infaq, sedekah, dan wakaf (ZISWAF)," kata Ma'ruf dalam akun twitternya dikutip merdeka,com, Selasa (11/2).

Dia menjelaskan dengan memberikan ZISWAF bermanfaat untuk kepentingan dalam jangka panjang. Sebab wakaf adalah harta abadi umat yang disiapkan untuk mengatasi berbagai hambatan dan kesulitan.

"Kepentingannya, tentu untuk kemaslahatan jangka panjang dalam rangka pemberdayaan umat, dan perbaikan umat. Karena wakaf itu harta abadi umat yang disiapkan untuk mengatasi berbagai hambatan dan kesulitan hidup masyarakat," ungkapnya.

Diketahui zakat fitrah merupakan salah satu zakat yang diwajibkan, baik laki-laki maupun perempuan Muslim yang dilakukan pada bulan Ramadan menjelang Idulfitri. Hukum zakat fitrah ialah wajib. Hal ini sebagaimana Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadits berikut, yang artinya:

"Rasulullah telah mewajibkan mengeluarkan Zakat Fitrah (pada bulan Ramadhan kepada setiap manusia)." (HR. Bukhari – Muslim).

Melansir dari NU Online, adapun macam-macam zakat fitrah menggunakan makanan atau kebutuhan pokok dari suatu wilayah terkait seperti beras, gandum, kurma, susu dan lain sebagainya. Menurut mayoritas pendapat ulama bahwa zakat fitrah di keluarkan dengan kadar ukuran 1 sha atau sekitar 2,5 sampai 3,0 kilogram.

Zakat fitrah juga memiliki keutamaan dan manfaat, salah satunya dapat menghilangkan kejelekan yang ada pada diri manusia. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini