Jelang HUT RI ke-77, Pemuda Diajak Kembalikan Kejayaan Maritim Indonesia

Selasa, 16 Agustus 2022 13:54 Reporter : Fikri Faqih
Jelang HUT RI ke-77, Pemuda Diajak Kembalikan Kejayaan Maritim Indonesia Transplantasi terumbu karang di UAE. ©2020 REUTERS/Christopher Pike

Merdeka.com - Di usia Indonesia yang ketujuh puluh tujuh tahun, para pemuda di seluruh Indonesia diminta untuk andil mengembalikan kejayaan Indonesia di bidang maritim. Sebab tidak ada alasan bagi pemuda Indonesia untuk tidak mengembalikan kejayaan maritim di tanah air.

"Ingatlah, The Founding Father Indonesia, Presiden Pertama Republik Indonesia - Insinyur Soekarno dalam setiap kesempatan selalu menyerukan dan berpesan agar kita bisa kembali menjadikan Indonesia berjaya sebagai negara maritim," kata Wasekjen Bidang Kemaritiman DPP KNPI Marcellus Hakeng Jayawibawa dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/8).

Dia mengungkapkan, Presiden Jokowi menginginkan Indonesia bisa diletakkan sebagai milestone bentuk perubahan paradigma dari sebuah negara agraris kembali kepada jati diri sejatinya yaitu negara maritim. Di mana selama ini, Indonesia sebagai bangsa telah memunggungi laut.

2 dari 2 halaman

"Jadi tidak berlebihan bila Indonesia disebut sebagai negara maritim terbesar di dunia, dikarenakan 75 persen wilayah Indonesia adalah lautan," ujarnya.

Oleh karena luasnya lautan yang dimiliki Indonesia serta letaknya yang sangat strategis di jalur perdagangan dan perlintasan kapal-kapal dunia, maka Indonesia berpotensi menjadi Poros Maritim Dunia.

Untuk mewujudkan Poros Maritim Dunia, lanjutnya, maka dibutuhkan peran generasi muda. Sebab tujuan menjadi poros maritim dunia untuk membawa Indonesia sebagai negara besar, kuat dan makmur.

"Dengan begitu, kita dapat mengembalikan jatidiri kita sebagai bangsa maritim dan juga melakukan pengamanan kepentingan serta menjaga keamanan wilayah maritim kita," terangnya.

"Kita juga harus mampu memberdayakan potensi maritim untuk mewujudkan pemerataan ekonomi Indonesia kedepannya. Ingat ada potensi 1700 triliun rupiah kita dapatkan jika kita dapat mengelola lautan kita dengan tepat," tutup Hakeng.

Baca juga:
Pesantren Abu Bakar Baasyir Gelar Upacara HUT RI, Menko PMK jadi Inspektur Upacara
Catat, Ini Waktu Pelaksanaan Upacara HUT ke-77 RI di Monas
Jelang HUT RI, Permintaan Patung Garuda Pancasila Meningkat
Demi Kibarkan Merah Putih, Pelajar SD Ini Nekat Panjat Tiang Bendara
Contoh Puisi Semangat Kemerdekaan 17 Agustus 2022, Buat Jiwa Nasionalis Membara
Lomba 17-an untuk Kucing Ini Viral, Tak Mau Kalah dari Manusia
Drumband Pakai Alat Rumah Tangga, Aksi Ibu-ibu Latihan Karnaval 17-an Curi Perhatian

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini