Jelang Asian Games, gelandangan hingga orang gila di Palembang akan dirazia

Jumat, 3 Agustus 2018 04:31 Reporter : Irwanto
Jelang Asian Games, gelandangan hingga orang gila di Palembang akan dirazia Ilustrasi

Merdeka.com - Menjelang pelaksanaan Asian Games 2018, Dinas Sosial (Dinsos) Palembang akan merazia gelandangan, pengemis, dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berkeliaran di kota itu. Lokasi strategis yang kerap menjadi sasaran adalah tempat wisata.

Kabid Rehabilitasi Sosial (Resos) Dinsos Palembang, Elvis Rusdi mengatakan, razia tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi tamu luar negeri selama berada di kota pempek. Untuk memaksimalkan hasil, pihaknya akan bekerja selama 24 jam per hari dengan pembagian tiga tim.

"Akan kami razia, titik-titik yang ramai akan diawasi, misalnya di tempat-tempat wisata atau pusat keramaian," ungkap Elvis, Kamis (2/8).

Dikatakannya, gepeng dan orang gila itu nantinya akan direhabilitasi di panti sosial untuk pembinaan. Kemudian mereka akan dikembalikan ke daerah asal dengan bantuan permodalan.

"Kita perbaiki mereka agar tidak kembali berkeliaran," ujarnya.

Menurut dia, jumlah gepeng dan orang gila yang berkeliaran di Palembang terbilang cukup banyak. Hal ini dibuktikan dengan tangkapan setiap tahun yang mencapai ratusan orang.

"Tahun-tahun yang sudah bisa 600 orang terjaring, sepuluh persen orang gangguan jiwa," kata dia.

Elvis menambahkan, sebagian gepeng yang pernah diamankan berasal dari pulau Jawa dengan tujuan mencari pekerjaan di Palembang. Ketika masih menganggur, mereka memilih mencari nafkah dengan cara mengemis.

"Kita koordinasikan dengan Dinsos tempat tinggalnya, lalu dipulangkan," pungkasnya. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini