Jejak Mendagri Tito Karnavian Semasa Menjabat Kapolres Serang

Rabu, 23 Oktober 2019 18:41 Reporter : Dwi Prasetya
Jejak Mendagri Tito Karnavian Semasa Menjabat Kapolres Serang Jejak Mendagri Tito Karnavian Semasa Menjabat Kapolres Serang. ©2019 Merdeka.com/Dwi Prasetya

Merdeka.com - Tito Karnavian resmi menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) usai pensiun dini dan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

Tak banyak yang tahu, jenderal polisi yang kini menjabat sebagai Mendagri itu pernah menjabat sebagai Kapolres Serang pada 27 Mei 2005 hingga pada 8 Desember 2005.

Dulu wilayah hukum di Serang masih satu wilayah hukum yakni Polres Serang. kini wilayah hukum sudah terbagi dua antara Polres Serang Kota dan Polres Serang.

"Pak Jenderal Tito Karnavian yang dipercaya menjadi Mendagri itu pernah menjabat sebagai Kapolres Serang tahun 2005 Jadi beliau bertugas di Serang sekitar tujuh bulan," kata Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono, Rabu (23/10).

Semasa bertugas di Serang, Tito tercatat aktif dalam pemberantasan kasus terorisme di Indonesia. Dimana pada tahun itu, Tito turut berkontribusi dalam pengungkapan dan penangkapan gembong teroris Azhari, yang menjadi buronan nomor satu di Asia Tenggara di Malang, Jawa Timur.

Akibat prestasinya tersebut, Tito yang masih menjabat sebagai Kapolres Serang berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) mendapat kenaikan pangkat luar biasa menjadi Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol).

"Menurut informasi, beliau ketika menjabat Kapolres di sini berpangkat AKBP, kemudian berhasil mengungkap penanganan terorisme kemudian mendapat kenaikan pangkat luar biasa menjadi Kombes," ujar Edhi.

Kini foto Tito Karnavian masih terpampang di ruang tunggu Kapolres dan Waka Polres Serang Kota bersama foto-foto yang pernah menjabat.

Selain Tito, nama Komjen Pol Ari Dono Sukmanto, yang kini menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri pun tak asing di Serang. Dia pun pernah duduk sebagai Kapolres Serang, lebih dulu menjadi Kapolres Serang dibandingkan Tito.

Ari Dono Sukmanto menjabat Kapolres Serang pada 26 Maret 2003 hingga 27 Mei 2005. Kemudian baru estafet kepemimpinan Kapolres dilanjutkan ke Tito Karnavian.

"Jadi selain Pak Tito, ada juga Pak Wakapolri yang saat ini menjabat sebagai Plt Kapolri, pernah menjadi Kapolres di Serang," tutup Edhi. [fik]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini