Jejak Licin Pelarian Cai Changpan Bobol Rutan Bareskrim dan Lapas Tangerang

Jumat, 2 Oktober 2020 20:16 Reporter : Bachtiarudin Alam
Jejak Licin Pelarian Cai Changpan Bobol Rutan Bareskrim dan Lapas Tangerang Narapidana Cai Changpan alias Cai Ji Fan. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Cai Changpan alias Antoni menjadi pria yang paling diburu. Pria kelahiran Fujian, 7 Januari 1967 silam ini sukses membobol Lapas Kelas I Tangerang.

Narapidana kasus narkoba dengan vonis mati ini berhasil kabur dengan cara membuat lubang sejak delapan bulan lalu. Lubang tersebut ia gali hingga berukuran panjang 30 meter dan diameter 2 meter.

Polri bersama Ditjen PAS membentuk Tim Khusus memburu pelarian Cai ke Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

"Sampai saat ini tim masih pengejaran, kita fokuskan ke hutan di Tenjo," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, Kamis (1/10).

Menengok ke belakang, rupanya ini bukan pertama kali Changpan sukses membobol jeruji besi.

Tahun 2017 silam, Changpan bersama dengan enam narapidana lainnya sukses kabur dari Rutan Narkoba Bareskrim Polri yang berada di Cawang, Jakarta Selatan.

Changpan kabur pada 24 Januari 2017 sekira pukul 04.15 Wib dan kembali ditangkap 28 Januari 2017pukul 16.00 Wib di Kabupaten Sukabumi.

bareskrim kabur
©2017 Merdeka.com

Modus pelarian hampir sama. Dengan menjebol tembok kamar mandi rutan.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri yang saat itu dijabat Brigjen Rikwanto mengatakan 7 tahanan yang kabur membobol tembok kamar mandi dengan menggunakan sebatang besi sepanjang 30 cm.

"Lalu memanjat tembok setinggi 2,5 meter rumah sakit otak," jelasnya saat itu.

Ketujuhnya yakni, Azizul alias Izul (30), Ridwan R alias Rambe (22), dan Cai Chang alias Antoni (49). Sedangkan empat tahanan lainnya merupakan tersangka kasus ganja, yaitu Anthony alias Ridwab (33), Amiruddin alias amir (27), Ricky Felani alias Ruslan (30), dan Sukma Jaya alias Jaya (34).

Baca Selanjutnya: 2020 Changpan Berhasil Kabur Lagi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini