Hot Issue

Jejak Janggal Narapidana Cai Changpan Kabur dari Lapas Tangerang

Sabtu, 3 Oktober 2020 11:27 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
Jejak Janggal Narapidana Cai Changpan Kabur dari Lapas Tangerang Narapidana Cai Changpan alias Cai Ji Fan. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - 20 Hari sudah Cai Changpan alias Cai Ji Fan Alias Anthoni menghirup udara bebas sejak kabur dari Lapas Kelas I Tangerang pada 14 September lalu. Pria kelahiran Fujian, China, 7 Januari 1967 itu kabur dengan menggali gorong-gorong yang menghubungkan area luar lapas.

Polri bersama Ditjen PAS membentuk Tim Khusus mengusut kaburnya terpidana kasus narkoba yang divonis mati tahun 2017 itu. Belasan saksi diperiksa mulai petugas lapas, sesama penghuni sel tahanan hingga pihak keluarga Cai Changpan yang berkewarganegaraan Indonesia yang berdomisili di Tenjo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Hasil investasi Tim Khusus mengungkapkan bahwa pemilik 135 kilogram sabu-sabu itu kabur dengan membuat lubang menembus gorong-gorong luar lapas sejak delapan bulan lalu. Lubang yang digali Cai Changpan berukuran panjang 30 meter dan diameter 2 meter.

Terpidana yang divonis mati tahun 2017 terkait kasus narkoba itu menggali lubang menggunakan sekop, besi, obeng, serta alat pahat. Alat perkakas itu diambil Cai Changpan dari sebelah selnya yang kebetulan saat itu merenovasi dapur.

Cai Changpan kemudian memakai karung untuk menaruh tanah bekas galian. Tanah galian itu ditaruh di plastik kemudian dibuang ke tong sampah di dalam nanti lalu dilapisi sebelum dibuang.

Sebelum melarikan diri, Cai Changpan bahkan membawa handphone rekan satu selnya asal Singapura untuk menghubungi keluarga telah kabur dari Lapas Tangerang. Gawai itu ditemukan polisi di kediaman istri Cai Chanpan di Tenjo, Bogor. Pengakuan keluarga, Cai Changpan bahkan sempat mampir ekitar 4 hingga 5 jam sebelum pergi dari rumah.

Baca Selanjutnya: Dugaan Keterlibatan Sipir...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini